ANALISIS ALAT UKUR PENILAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP
Abstract
Abstract Tujuan penelitian ini untuk membahas evaluasi keterampilan menulis dan alat penilaian yang digunakan oleh pengajar bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMP sebanyak 3 orang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) mewawancarai dan meminta dokumentasi berupa RPP kepada 3 guru bahasa Indonesia, (2) menandai hasil wawancara dan bagian RPP yang berkaitan dengan data penelitian, dan (3) menginventarisir data tersebut menjadi pedoman analisis data. Tahapan analisisnya adalah sebagai berikut: (1) Mendefinisikan data sesuai dengan data konsep penelitian , (2) mengkategorikan data sesuai dengan teori yang menjadi sesuai (3) menganalisis data dengan mencatat kata-kata yang berkaitan dengan penelitian, (4) menginterpretasikan data yang telah dianalisa dengan konsep penelitian, (2) mengkategorikan data sesuai dengan teori yang menjadi acuan, (3) menganalisis data dengan mencatat kata - kata yang berkaitan dengan penelitian, (4l) menginterpretasikan data yang telah dianalisis sesuai dengan teori yang digunakan menganalisis penelitian , dan (5) menarik kesimpulan teori hasilnya _digunakan untuk menganalisis penelitian.
Downloads
References
Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyana. 2019. Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba ISBN: 978-623-707438-055Halaman 55-63.
Cangelosi, J. S. 1995. Merancang tes untuk menilai prestasi siswa. Bandung: IT.
Depdiknas. 2008. Kompetensi evaluasi pendidikan: kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran. Diakses 28Mei 2018.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakrta: Rineka Cipta.
Djemari, M. 1999. Pengukuran, penilaian dan evaluasi. (Makalah) Disampaikan pada Penataran evaluasi pembelajaran matematika untuk guru inti matematika tanggal 8 23 Nopember 1999 di PPPG Matematika Yogyakarta. Dunsmuir. S. Kyriacou, DKK. 2015. An evaluation of the writing assessment measure (WAM) forchildren's narrative writing.
Ibnu, S, dkk. 2003, Dasar-dasar metodologi penelitian. Malang Universitas Negeri Malang
Jurnal ScienceDirect Ilmu Sosial Kasetsart. London: Departemen Psikologi Klinis, Pendidikan dan Kesehatan, University College London, 26 Bedford Way.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.