ANALISIS ALAT UKUR PENILAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP

  • Laila Tri Lestari Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Chofifah Diah Nur Aliyah Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Novi Sriwulandari Universitas Gresik
Keywords: Evaluasi, Keterampilan Menulis, SMP

Abstract

Abstract  Tujuan penelitian ini untuk membahas evaluasi keterampilan menulis dan alat penilaian yang digunakan oleh pengajar bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMP sebanyak 3 orang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) mewawancarai dan meminta dokumentasi berupa RPP kepada 3 guru bahasa Indonesia, (2) menandai hasil wawancara dan bagian RPP yang berkaitan dengan data penelitian, dan (3) menginventarisir data tersebut menjadi pedoman analisis data. Tahapan analisisnya adalah sebagai berikut: (1) Mendefinisikan data sesuai dengan data konsep penelitian , (2) mengkategorikan data sesuai dengan teori yang menjadi sesuai (3) menganalisis data dengan mencatat kata-kata yang berkaitan dengan penelitian, (4) menginterpretasikan data yang telah dianalisa dengan konsep penelitian, (2) mengkategorikan data sesuai dengan teori yang menjadi acuan, (3) menganalisis data dengan mencatat kata - kata yang berkaitan dengan penelitian, (4l) menginterpretasikan data yang telah dianalisis sesuai dengan teori yang digunakan menganalisis penelitian , dan (5) menarik kesimpulan teori hasilnya _digunakan untuk menganalisis penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2014. Desain sistem pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyana. 2019. Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba ISBN: 978-623-707438-055Halaman 55-63.
Cangelosi, J. S. 1995. Merancang tes untuk menilai prestasi siswa. Bandung: IT.
Depdiknas. 2008. Kompetensi evaluasi pendidikan: kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran. Diakses 28Mei 2018.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakrta: Rineka Cipta.
Djemari, M. 1999. Pengukuran, penilaian dan evaluasi. (Makalah) Disampaikan pada Penataran evaluasi pembelajaran matematika untuk guru inti matematika tanggal 8 23 Nopember 1999 di PPPG Matematika Yogyakarta. Dunsmuir. S. Kyriacou, DKK. 2015. An evaluation of the writing assessment measure (WAM) forchildren's narrative writing.
Ibnu, S, dkk. 2003, Dasar-dasar metodologi penelitian. Malang Universitas Negeri Malang
Jurnal ScienceDirect Ilmu Sosial Kasetsart. London: Departemen Psikologi Klinis, Pendidikan dan Kesehatan, University College London, 26 Bedford Way.
Published
2024-06-04
How to Cite
Lestari, L., Nur Aliyah, C., & Sriwulandari, N. (2024). ANALISIS ALAT UKUR PENILAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 11(1), 172-182. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v11i1.6377
Section
Articles