IMPLEMENTASI MODUL PAI BERBASIS GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN PRESTASI SISWA SMPI HIDAYATUL UMMAH GONDOSULI PAKUNIRAN PROBOLINGGO

IMPLEMENTASI MODUL PAI BERBASIS GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN PRESTASI SISWA SMPI HIDAYATUL UMMAH GONDOSULI PAKUNIRAN PROBOLINGGO

  • Umi A'izzati Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
Keywords: Prestasi, Minat baca, Pendidikan

Abstract

Membaca merupakan salah satu pintu utama untuk dapat mengakses pengetahuan.   Dalam  hal  ini  seorang siswa  harus memahahami  secara  penuh sehingga pencapain yang didapat akan lebih maksimal. Untuk memudahkan itu semua lembaga harus menyiapkan beberapa fasilitas agar dapat menjadi pertimbangan  untuk  kegiatan  belajar  seperti  fasilitas,  sarana  dan  prasaran termasuk salah satunya yaitu buku , jika perlu seorang guru harus menyiapkan rangkuman yang akan di jadikan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang telah berlaku di negara ini. Dan guru juga juga berperan sebagai desainer pembelajaran, mediator pembelajaran, selain itu guru juga sebagai pelaksana kurikulum dalam pembelajaran. Guru harus mampu memberikan penekanan yang berbeda dari kurikulum sebelumnya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sesuai dengan pendapat Bodgan dan Taylor dalam bukunya”Metotodologi kulitatif”. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara,observasi dan dokumentasi, dan hasil data yang diinformasikan dalam penelitian ini berupa pernyataan secara deskriptif sesuai dengan hasil observasi,dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait seperti kepala Sekolah, waka Kurikulum, wali kelas VIII,  Guru PAI, Penjaga perpustakaan sekolah dan siswa kelas VIII.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : implementasi Modul PAI berbasis gambar dalam pembelajaran PAI di SMPI Hidayatul Ummah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah direncanakan, Implementasi Modul   berbasis gambar juga bisa meningkatkan minat baca dan prestasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafadal, Ibrahim; Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.(Jakarta: Bumi

Aksara. 2008.

Majid, Abdu; Perencanaan Pembelajaran (mengembangkan kompetensi guru), Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.
Syafaat, Syafaat; Sohari Sahrani; Muslih, Peranan Pendidikan Agama

Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008).

Mulyasa;Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. (Jakarta: Bumi Aksara. 2009).


Shifa Rafika, Program Pembelajaran Al-Qur’an Sebagai Upaya Peningkatan Religiusitas Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A, (Yogyakarta: Fakultas Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Kalijaga, 2013) Loxy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek

(Jakarta: Rineka Cipta, 2008).

Wayan Nur Kencana, Evaluasi Pendidikan. (Surabaya: Usaha Nasional, 1986). Farida Rahim, Pengajaran membaca di Sekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2008 ).

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rrineka Cipta, 2003).
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006). Mahfudh Salahudin, Pengantar Psikologi Pendidikan. (Surabaya: Bina Ilmu, 1990).
Irwan Soehartono, Metodologi Penelitian Sosial Suatu Teknik Bidang Kesejahteraan dan Ilmu Sosial Lainnya Pendekatan,( Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008)

John Creswell dalam J.R Raco, Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, (Jakarta: Grasindo, 2010)
Published
2022-12-28
How to Cite
A’izzati, U. (2022). IMPLEMENTASI MODUL PAI BERBASIS GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN PRESTASI SISWA SMPI HIDAYATUL UMMAH GONDOSULI PAKUNIRAN PROBOLINGGO. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 189-201. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3710
Section
Articles