DAMPAK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KEPOHBARU

  • Khotimatus Sholikkhah UNISDA LAMONGAN
Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, PAI

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 pada tahun 2020 di Indonesia mulai merambah dunia pendidikan, pemerintah pusat hingga daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan sementara untuk seluruh lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah meluasnya penularan virus Covid-19. Pembelajaran daring kemudian menjadi solusi terbaik agar kegiatan belajar mengajar peserta didik tetap berlangsung. Kegiatan belajar mengajar secara daring dilakukan dirumah peserta didik masing-masing. Guru melakukan proses belajar mengajar melalui media daring (online). Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi (TI) dan komunikasi. Terdapat banyak kendala-kendala yang dialami guru atau peserta didik selama pembelajaran secara daring, seperti keterbatasan quota, jaringan buruk, dan rasa bosan jenuh dialami oleh sebagian siswa dan guru. Keadaan seperti itu juga dialami oleh SMP N 2 Kepohbaru Bojonegoro, akan tetapi hal ini tidak membuat menyerah para siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik di kelas VII SMP Negeri 2 Kepohbaru, dan mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di kelas VII di SMP Negeri 2 Kepohbaru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring yang dilaksanakan di kelas VIII SMP N 2 Kepohbaru dapat didistribusikan dengan baik seperti komunikasi, pemberian materi dan pengumpulan tugas yang telah dibantu beberapa aplikasi seperti Google Clasroom, dll. Dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran daring sangat bervariatif, salah satunya guru merasakan memiliki skill, wawasan, dan ilmu baru dalam bidang IPTEK, dan siswa cenderung merasakan kebosanan selama kegiatan pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianty, Dinza. Panduan Pembelajaran Daring. Edited by Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, 2020.
Aprista Ristyawati. “Efektivitas Kebijakan Pembatasan Sosial Beskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 Oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945.” Journal Adminstrative Law & Governance 3, no. 2 (2020): 241.
Kebudayaan, Menteri Pendidikan dan. “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalan Megeri Republik Indonesia Tentang : Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Cor. Jakarta: Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, 2021.
Lubis, Masruroh. ““Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E Learning.” Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 2.
Munir. Pembelajaran Jarak Jauh : Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.
Rigianti, H. A. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7 (2020): 2.
Rohmadi, Syamsul Huda. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Araska, 2012.
Siahaan, Matdio. “Dampak Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. 2020. Universitas Bhayangkara.” Jurnal Kajian Ilmiah, 2020.
Sudarwan Danim. Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, Dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa Dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, Dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Published
2022-04-27
How to Cite
Sholikkhah, K. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 KEPOHBARU. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 79-91. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i1.3087
Section
Articles