PEMBELAJARAN ISTIMA’ BAHASA ARAB DENGAN METODE STORYTELLING

  • Khoirotun Ni’mah Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Pembelajaran Istima’, Bahasa Arab, Metode StoryTelling

Abstract

Didalam mempelajari bahasa arab ada empat faktor yang harus kita kuasai yaitu, istima’, kalam, qiraah, dan kitabah. Kegiatan pembelajaran keterampilan menyimak masih sering diabaikan karena banyak orang yang menganggap bahwa menyimak merupakan kemampuan yang sudah dimiliki manusia sejak lahir. Bahkan dalam kenyataan kehidupan sehari-hari, tidak semua orang mampu menyimak dengan baik. Hal itu mengindikasikan bahwa selama ini keterampilan menyimak kurang mendapatkan perhatian. Mengingat peranan menyimak dalam proses belajar berbahasa sangat besar, maka diperlukan suatu teknik yang efektif dalam pembelajaran keterampilan menyimak. Salah satu teknik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menyimak adalah teknik storytelling atau menceritakan cerita. Teknik storytelling atau menceritakan cerita merupakan salah satu teknik pembelajaran dalam pendekatan cooperative teaching learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-20
How to Cite
Ni’mah, K. (2016). PEMBELAJARAN ISTIMA’ BAHASA ARAB DENGAN METODE STORYTELLING. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 166-188. Retrieved from https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1201
Section
Articles