TAFSIR HAMDALAH

  • Lailatul Maskhuroh Sekolah Tinggi Agama Islam Urwatil Wutsqo Jombang
Keywords: Tafsir, Hamdalah

Abstract

Lafaz} “hamdalah” merupakan lafaz} yang sangat sederhana, tetapi memiliki makna yang luar biasa dan mendasar. Lafaz} itu diucapkan oleh Alla>h sebagai awal dari pembuka kalam-Nya yaitu al-Qur’a>n. lafaz} itu memiliki makna yang luar biasa secara substansial. Di dalam lafaz} itu terkandung nilai-nilai edukatif filosofis untuk kita ketahui, sehingga melafaz}kan kalimat tersebut bukanlah hal yang sepele, tetapi memiliki pengaruh yang signifikan dalam kehidupan kita secara vertikal maupun horizontal.

Pujian kepada Alla>h berupa kata-kata “الحمد لله رب العالمين merupakan kata-kata pujian yang lebih universal ketimbang term-term pujian yang lain sebab keindahan sifat dan perbuatannya. Syeikh| Da>ud al- Qais}ari mengatakan bahwa pujian kepada Alla>h memiliki tiga bentuk: Bersifat Perkataan (qauli),  perbuatan (fi’li),  Bersifat hiasan (ha>li).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-20
How to Cite
Maskhuroh, L. (2016). TAFSIR HAMDALAH. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 79-99. Retrieved from https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1195
Section
Articles