PENDIDIKAN MORAL DAN KONFLIK SOSIAL PADA NOVEL MAMO-ZEIN KARYA RAMADHAN EL BOUTHY DENGAN PENDEKATAN STILISTIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan moral dan konflik sosial yang terdapat dalam novel Mamo-Zein karya Ramadhan El Bouthy menggunakan pendekatan stilistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data primer berupa teks novel Mamo-Zein dan data sekunder berupa literatur teoritis terkait stilistika, pendidikan moral, dan konflik sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ramadhan El Bouthy menggunakan elemen-elemen stilistika untuk memperkuat representasi pendidikan moral dalam menghadapi berbagai konflik sosial yang digambarkan dalam novel. Gaya bahasa yang digunakan secara efektif menyampaikan pesan-pesan moral yang terkait dengan pengembangan karakter serta memperlihatkan bagaimana konflik sosial memengaruhi dinamika antar tokoh. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang peran sastra dalam pendidikan moral dan sosial melalui analisis gaya bahasa
Downloads
References
Ihsan, B., Winarni, R., & Septiari, W. D. (2023). Analisis Resepsi Sastra Bagi Mahasiswa Pgmi Unisda Lamongan Dalam Novel Kkn Di Desa Penari (Kajian Resepsi Nilai Dan Pendidikan Karakter). EDU-KATA, 9(1), 51-58.
Lestari, L. T., & Mualifah, S. (2024). Prinsip Analogi Pada Kata Larangan Di Media Sosial (Studi Analisis Wacana Kritis). HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 16(1), 78-87.
Marzuqi, I., Azar, M. A. S., Rohman, B. Z., Khabib, S., & Putri, N. E. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional terhadap Pembentukan Karakter Anak sebagai Wujud Pengabdian Masyarakat di Desa Warungering, Lamongan,. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6 (2), 183–188. Efektivitas Pembelajaran Bercerita Melalui Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas IV SDN Negeri Napis 1.
Marzuqi, I., Darmawan, T., & Sulistiyorini, D. (2024). Novel Sampah Di Laut, Meira Karya Mawan Belgia (Perspektif Ekokritisisme). Jurnal Metamorfosa, 12(1), 16-29.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Sholihah, U., Ihsan, B., & Lestari, L. T. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Mts Darun Najah Babat. RUNGKAT: RUANG KATA, 1(1), 27-36.
Soniatin, Y., & Widyaningsih, A. (2022). Hubungan Kekerabatan Bahasa Jawa (Karanggeneng) Dan Bahasa Madura (Pamekasan). PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-8.
Sukowati, I., & Ihsan, B. (2022). Dampak Kearifan Lingkungan Berdasarkan Kajian Ecocriticism Dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 22-31.
Ulfah, A., Huda, M., Siyatin, M. N., Sari, N. K., & Sania, E. N. (2023). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik SDN 4 Sendangrejo Melalui Kegiatan Pendampingan Di Luar Kelas. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(4), 781-793.
Ulfah, A., Jesica, E., Fitriyah, L., Amalia, G. S. P., Yulianingtyas, M., & Amelya, P. D. (2023). Pemanfaatan Teknologi dalam Model Pembelajaran Olah Alur pada Pembelajaran Menulis Cerpen. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 38-48.
Junaidi, M. (2021). Studi Kritis Tafsir Al-Manar Karya Muhammad Abbduh Dan Rasyid Ridla. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 152-163.
Melanda, S. O., Mahmudah, Y., Habibah, S., & Junaidi, M. (2021). PELATIHAN HOME INDUSTRI SAYURAN BAYEM UNTUK DIJADIKAN MAKANAN KHAS DI DESA BAYEMGEDE KEC. KEPOHBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 2(1), 16-20.
Junaidi, M. (2021). KONSEP SYAFAAT DALAM ISLAM Telaah Kritis atas Hadits Nabi Tentang Syafaat di Hari Kiamat. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 8(2), 136-151.
Junaidi, M. (2022). Etika Berinteraksi Dengan al-Qur’an dalam Berbagai Perspektif. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 9(1), 196-210.
Suryani, K., Mahmutarom, M., Ekaningrum, I. R., & Junaidi, M. (2022). Learning the Yellow Book with the Arabic Meaning of Pegon as Preserving the Intellectual Work of Indonesian Ulemas. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 769-786.
Junaidi, M., Mahmutarom, M., Ekaningrum, I. R., & Suryani, K. (2022). Education For Women in The Global Era of Islamic Perspectives. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 849-866.
Junaidi, M. (2023). Pendidikan anak-anak perspektif al-qur’an dan hadits. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 87-99.
Kurniawati, O. B., & Junaidi, M. (2023). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Kh. Abdurrahman Wahid. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(1), 135-166.
Habibah, S., Marazi, H., Wahyuddin, I., Junaidi, M., & Sholikah, K. (2023). The Integration of Nationalism and Religious Education at Islamic Elementary School in Lamongan, East Java. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(2), 148-169.
Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 1-20.
Fauziyah, L. U., Hartati, E. R., Hidayat, N., Noorhidayati, S., & Junaidi, M. (2024). Implementation of Blended Learning in PAI Subjects to Increase Student Engagements in High School. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 7(1), 18-24.
Rahmawati, Z. D., & Wahyuni, S. (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE). TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 218-236.
Rahmawati, Z. D., & Munif, M. (2023). Values of Character Education in The Javanese-Islamic Tradition: Tingkeban. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(1), 73-88.
Rahmawati, Z. D., Asadori, A., Haris, A., & Mansur, R. (2023). Greek Philosophy: The Classic View of Education. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(2), 137-147.
Rahmawati, Z. D., & Ihsan, B. (2022). Pengembangan potensi kreativitas siswa sekolah luar biasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 3(2), 19-28.
Rahmawati, Z. D., & Ihsan, B. (2022). The Contribution of Basic Leadership Training (LDK) to the Soft Skill Competency of Students of Special School (SLB) Bina Harapan. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 6(1), 20-27.
Manidhom, F. M., & Rahmawati, Z. D. (2022). IMPLEMENTASI STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN DARING (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 4 di MI Darul Ulum Nglumber). Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 9(1), 186-195.
Sari, L. D. I., Markub, M., Marzuqi, I., & Rahmawati, Z. D. (2022). Nilai Budaya Sedekah Bumi Desa Turigede, Kepohbaru, Bojonegoro. EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 8(1).
Zumaroh, Z., Nikmah, K., & Shoimah, R. N. (2024). Analysis of Teachers' Problems in the Implementation of the Independent Curriculum at MI Darul Ulum Jelakcatur. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(3), 201-210.
Putri, E. N. A., Nikmah, K., & Suradji, M. (2024). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN SEHARI-HARI DI DESA SUNGELEBAK. Jurnal Murid, 1(3), 221-231.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.