BENTUK REFERENSI PADA CERAMAH K.H. ANWAR ZAID BOJONEGORO (TINJAUAN ANALISIS WACANA KRITIS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk referensi yang digunakan dalam ceramah K.H. Anwar Zaid Bojonegoro dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis. Ceramah agama, khususnya yang disampaikan oleh K.H. Anwar Zaid, banyak menggunakan referensi dari Al-Qur'an, hadis, dan pandangan ulama untuk memperkuat argumen dan pesan yang disampaikan. Namun, pemahaman tentang bagaimana referensi tersebut digunakan secara strategis untuk membangun otoritas dan memengaruhi audiens masih minim. Penelitian ini berusaha untuk mengisi kekosongan tersebut dengan mengkaji secara mendalam bentuk dan fungsi referensi dalam ceramah tersebut. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan observasi, berupa rekaman ceramah yang diambil dari berbagai sumber digital. Pendekatan analisis wacana kritis digunakan untuk mengungkap bagaimana kekuasaan, ideologi, dan makna-makna tersembunyi diartikulasikan melalui penggunaan referensi agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K.H. Anwar Zaid menggunakan referensi dari Al-Qur'an dan hadis secara strategis untuk memperkuat legitimasi argumen, serta menghubungkannya dengan konteks sosial-keagamaan audiens. Selain itu, referensi yang digunakan juga berperan penting dalam membangun otoritas beliau sebagai penceramah yang memiliki kredibilitas tinggi.
Downloads
References
Candra, K. D., Markub, M., & Lestari, L. T. (2022). Kesantunan Berbahasa pada Debat Publik Pilbup Kabupaten Gresik Tahun 2020. EDU-KATA, 8(1), 16-28.
Darojah, Z., Ihsan, B., & Sukowati, I. (2024). Penggunaan Jenis Kata Tabu pada Tuturan Anak Usia 6—12 Tahun (Kajian Sosiolinguistik). RUNGKAT: RUANG KATA, 1(2), 1-9.
Ihsan, B., Winarni, R., & Septiari, W. D. (2023). ANALISIS RESEPSI SASTRA BAGI MAHASISWA PGMI UNISDA LAMONGAN DALAM NOVEL KKN DI DESA PENARI (KAJIAN RESEPSI NILAI DAN PENDIDIKAN KARAKTER). EDU-KATA, 9(1), 51-58.
Khoir, M., Saiban, K., & Mustofa, M. (2023). Implementation of Islamic Religious Education (PAI) Learning in the Formation of Religious Character and Social Concern Attitudes. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(1), 23-32.
Lestari, L. T., & Ani, S. (2022). Gaya Bahasa Simile dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 14(2), 37-48.
Marzuqi, I., Darmawan, T., & Sulistiyorini, D. (2024). Novel Sampah Di Laut, Meira Karya Mawan Belgia (Perspektif Ekokritisisme). Jurnal Metamorfosa, 12(1), 16-29.
Sholihah, U., Ihsan, B., & Lestari, L. T. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Mts Darun Najah Babat. RUNGKAT: RUANG KATA, 1(1), 27-36.
Soniatin, Y., & Widyaningsih, A. (2022). Hubungan Kekerabatan Bahasa Jawa (Karanggeneng) Dan Bahasa Madura (Pamekasan). PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-8.
Sukowati, I. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(1), 106-116.
Sukowati, I., & Ihsan, B. (2022). Dampak Kearifan Lingkungan Berdasarkan Kajian Ecocriticism Dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 22-31.
Sukowati, I., Masrur, M. E., Sariban, S., & Ihsan, B. (2024). Representasi Permasalahan Politik Di Bojonegoro Pada Headline Berita Periode Triwulan Pertama 2024 Di Radar Bojonegoro (Analisis Wacana Kritis). EDU-KATA, 10(2), 18-29.
Sutopo, J., Sariban, S., & Irmayani, I. (2024). Makna Filosofi Diksi Bahasa Nelayan: Studi Kajian Budaya. HASTAPENA: Jurnal Bahasa, Sastra, Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 1-14.
Annaqib, M., Suradji, M., & Suniyah, S. L. (2024). UPAYA MEMINIMALISIR KENAKALAN REMAJA MELALUI KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DI MTS RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN SAWAHREJO, MOROPELANG, BABAT, LAMONGAN. Jurnal Murid, 1(3), 250-257.
Putri, E. N. A., Nikmah, K., & Suradji, M. (2024). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN SEHARI-HARI DI DESA SUNGELEBAK. Jurnal Murid, 1(3), 221-231.
Ula, H., Suradji, M., & M̤ṳk̤h̤l̤a̤s̤, M. (2024). MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI ERA DISRUPSI INFORMASI. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 349-362.
Suradji, M., Tamaji, S. T., & Anom, M. D. (2024). THE ROLE OF GUIDANCE COUNSELING TEACHERS IN DEALING WITH ACTION BULLYING AT MTs PUTRA PUTRA SIMO. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 16(2), 92-98.
Suradji, M., Shoimah, R. N., Arrasyidah, N., Pratomo, G. S., & Romadhoni, F. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN MELALUI HIDROPONIK DI DESA BRONJONG. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 5(1), 82-90.
Suradji, M., & Latifah, E. N. (2024). IMPLEMENTASI P5 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI SDN SUMBERAGUNG BRONDONG. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 166-174.
Suradji, M., Futaqi, S., & Hudi, M. (2024). Strengthening the Capacity of Social Welfare Institutions for Service Quality to Orphans, the Elderly and the Disabled. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 314-324.
Sa'diyah, U., Suradji, M., Tamaji, S. T., & Fauziyah, N. R. (2024). The Effect of Implementing Project Based Learning Assisted by Manipulative Learning Media on Elementary School Students Understanding. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(1), 53-61.
Suradji, M., Hudi, M., Musyafa, A. A., Muhyidin, A., & Rohmah, N. M. (2023). Optimalisasi Bantaran Sungai Sebagai Wisata Waduk Edukatif Di Desa Simorejo Widang Tuban. Abdi Wiralodra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 200-209.
Suwarno, S., Chasanah, U., Suradji, M., & Harahap, A. Y. M. (2023). SHARI'AH TOURISM ISLAMIC BOARDING SCHOOL MODEL (Case Study of Salafiah Biharu Bahri Asali Fadlailir Rahmah Islamic Boarding School Malang). Jurnal As-Salam, 7(1), 42-56.
Suradji, M., Priyantono, E., & Tamaji, S. T. (2023). Penerapan Metode Dzikrulloh dalam Mengembangkan Akhlaqul Karimah Anak Didik Ponpes TQN Suryalaya Surabaya. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 393-400.
Rubaik, R. C., Suradji, M., & Tamaji, S. T. (2023). Penerapan Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran SKI. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 7(01), 24-47.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.