PEMEROLEHAN AFIKS BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI MULYOREJO III KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO

  • Nofi Kharomah Wati Lestari SD Negeri Mulyorejo III Kec. Tambakrejo Kab. Bojonegoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahap pemerolehan afiks dan kesalahan penggunaan afiks oleh siswa kelas 1  SD Negeri Mulyorejo III Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro . Afiks yang dianalisis meliputi prefiks, sufiks, dan gabungan afiks, seperti me-, di-, -kan, dan -i. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengamatan dan analisis data terhadap ujaran siswa dalam berbagai aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun siswa mulai menggunakan afiks dalam pembentukan kalimat, kesalahan masih sering terjadi. Kesalahan yang ditemukan meliputi penggunaan prefiks aktif dan pasif yang tertukar, kebingungan dalam memilih sufiks, serta overgeneralisasi aturan afiks. Faktor penyebab kesalahan ini antara lain keterbatasan pemahaman siswa terhadap tata bahasa dan kurangnya paparan bahasa yang lebih formal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darojah, Z., Ihsan, B., & Sukowati, I. (2024). Penggunaan Jenis Kata Tabu pada Tuturan Anak Usia 6—12 Tahun (Kajian Sosiolinguistik). RUNGKAT: RUANG KATA, 1(2), 1-9.
Diyati Masfufah, A. A., Mustofa, M., Marzuqi, I., & Ihsan, B. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Eksposisi Dengan Pendekatan Kontekstual. EDU-KATA, 8 (1).
Ihsan, B., & Soniatin, Y. (2020). Effectiveness of Using Gamification Media for Mastering Indonesian Afficiates in Thailand Students at Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 4(2).
Ihsan, Bisarul. The Acquisition Of Indonesian Language Affixes By Thai Learners In Islamic University Darul ‘Ulum Lamongan. Literacy Awareness in Shaping Citizen Character, 2017, 177-181.
Khulel, B. 2022. Improving students’ writing skill through project-based learning, process writing, and Instagram. IJECA (International Journal of Education & Curriculum Application), 5(1), 25-35. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i1.7601
Lestari, L. T., Aliyah, C. D. N., & Sriwulandari, N. (2024). Analisis Alat Ukur Penilaian Pembelajaran Keterampilan Menulis Di SMP. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 172-182.
Putri, R. C., Marzuqi, I., & Wangi, N. B. S. (2024). Variety of Connotation Meanings in the Novel ‘Tak Ada Embusan Angin’by Aveus Har. EDU-KATA, 10(1), 47-54.
Rahmawati, Z. D., & Suradji, M. (2020). Desain pembentukan karakter dan pengembangan diri siswa melalui program morning activity di SDIT al ibrah gresik. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 230-240.
Rohim, A., & Rofiki, I. (2024). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 183-193.
Huda, K., & Misa, M. (2024). Empowering Minds: Elevating Reading Comprehension in Tenth Grade Students with Direct Method. Jurnal Edulanguage: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10(1), 11-23.
Huda, K., Purwati, O., & Retnaningdyah, P. (2023). The Urgency of Deaf Students and their Efforts to Improve Writing English Skills. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 3(2).
Huda, K., Purwati, O., & Retnaningdyah, P. (2023). The Urgency of Deaf Students and their Efforts to Improve Writing English Skills. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 3(2).
Junaidi, M. (2021). Studi Kritis Tafsir Al-Manar Karya Muhammad Abbduh Dan Rasyid Ridla. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 152-163.
Melanda, S. O., Mahmudah, Y., Habibah, S., & Junaidi, M. (2021). PELATIHAN HOME INDUSTRI SAYURAN BAYEM UNTUK DIJADIKAN MAKANAN KHAS DI DESA BAYEMGEDE KEC. KEPOHBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 2(1), 16-20.
Junaidi, M. (2021). KONSEP SYAFAAT DALAM ISLAM Telaah Kritis atas Hadits Nabi Tentang Syafaat di Hari Kiamat. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 8(2), 136-151.
Junaidi, M. (2022). Etika Berinteraksi Dengan al-Qur’an dalam Berbagai Perspektif. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 9(1), 196-210.
Suryani, K., Mahmutarom, M., Ekaningrum, I. R., & Junaidi, M. (2022). Learning the Yellow Book with the Arabic Meaning of Pegon as Preserving the Intellectual Work of Indonesian Ulemas. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 769-786.
Junaidi, M., Mahmutarom, M., Ekaningrum, I. R., & Suryani, K. (2022). Education For Women in The Global Era of Islamic Perspectives. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(1), 849-866.
Junaidi, M. (2023). Pendidikan anak-anak perspektif al-qur’an dan hadits. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 87-99.
Kurniawati, O. B., & Junaidi, M. (2023). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Kh. Abdurrahman Wahid. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(1), 135-166.
Habibah, S., Marazi, H., Wahyuddin, I., Junaidi, M., & Sholikah, K. (2023). The Integration of Nationalism and Religious Education at Islamic Elementary School in Lamongan, East Java. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 6(2), 148-169.

Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 11(1), 1-20.
Fauziyah, L. U., Hartati, E. R., Hidayat, N., Noorhidayati, S., & Junaidi, M. (2024). Implementation of Blended Learning in PAI Subjects to Increase Student Engagements in High School. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 7(1), 18-24.
Rahmawati, Z. D., & Wahyuni, S. (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION (OBE). TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 218-236.

Rahmawati, Z. D., & Munif, M. (2023). Values of Character Education in The Javanese-Islamic Tradition: Tingkeban. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(1), 73-88.
Rahmawati, Z. D., Asadori, A., Haris, A., & Mansur, R. (2023). Greek Philosophy: The Classic View of Education. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 6(2), 137-147.
Rahmawati, Z. D., & Ihsan, B. (2022). Pengembangan potensi kreativitas siswa sekolah luar biasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 3(2), 19-28.
Rahmawati, Z. D., & Ihsan, B. (2022). The Contribution of Basic Leadership Training (LDK) to the Soft Skill Competency of Students of Special School (SLB) Bina Harapan. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 6(1), 20-27.
Manidhom, F. M., & Rahmawati, Z. D. (2022). IMPLEMENTASI STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN DARING (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 4 di MI Darul Ulum Nglumber). Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 9(1), 186-195.
Sari, L. D. I., Markub, M., Marzuqi, I., & Rahmawati, Z. D. (2022). Nilai Budaya Sedekah Bumi Desa Turigede, Kepohbaru, Bojonegoro. EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 8(1).
Zumaroh, Z., Nikmah, K., & Shoimah, R. N. (2024). Analysis of Teachers' Problems in the Implementation of the Independent Curriculum at MI Darul Ulum Jelakcatur. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 1(3), 201-210.
Putri, E. N. A., Nikmah, K., & Suradji, M. (2024). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN SEHARI-HARI DI DESA SUNGELEBAK. Jurnal Murid, 1(3), 221-231.
Published
2024-10-01
How to Cite
Lestari, N. (2024). PEMEROLEHAN AFIKS BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI MULYOREJO III KECAMATAN TAMBAKREJO KABUPATEN BOJONEGORO. LISTRA: JURNAL LINGUISTIK DAN SASTRA TERAPAN, 1(2), 1-5. Retrieved from https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/LISTRA/article/view/7885