THE INFLUENCE OF THE WORK ENVIRONMENT, TEACHER HEALTH ON TEACHER PERFORMANCE MEDIATED BY JOB ACHIEVEMENT AND ACHIEVEMENT MOTIVATION

  • Yati Ismayati universitas bina bangsa
  • Nurjanah Nurjanah Universitas Bina Bangsa
  • Umalihayati Umalihayati Universitas Bina Bangsa
Keywords: Lingkungan Kerja, Kesehatan Guru, Prestasi Kerja, Motivasi berprestasi, Kinerja Guru

Abstract

Motivasi diri merupakan pendorong utama untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan peran mediasi prestasi kerja dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sekolah dasar di kota Cilegon. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner pada responden, dan data yang terkumpul sebanyak 165 responden. Teknik analisis data dibantu alat statistik Stuctural equation Modelling (SEM) untuk mengukur pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabelnya. Hasil penelitian antara lain 1) ada pengaruh Lingkungan kerja terhadap prestasi kerja. 2) ada pengaruh Lingkungan kerja terhadap motivasi berprestasi.3) Kesehatan Guru terhadap kinerja guru. 4) ada pengaruh Kesehatan guru terhadap prestasi kerja . 5) ada Pengaruh Prestasi kerja terhadap kinerja guru . 6) ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. 7 ) Hasil uji mediasi diperoleh P value masing-masing variable mediasi antara lain  0.000< 0.05, 0.038 < 0.05, dan 0.042 <0.05  yang artinya terjadinya  mediasi semu (partially mediating). Simpulan, motivasi berprestasi dan prestasi kerja perlu didukung oleh factor lingkungan kerja, dan Kesehatan guru. Keadaan ini mengindikasikan kesadaran pada lingkungan dan Kesehatan mulai membaik, dan menjadi perhatian Bersama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-28
How to Cite
Ismayati, Y., Nurjanah, N., & Umalihayati, U. (2024). THE INFLUENCE OF THE WORK ENVIRONMENT, TEACHER HEALTH ON TEACHER PERFORMANCE MEDIATED BY JOB ACHIEVEMENT AND ACHIEVEMENT MOTIVATION. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 16(2), 21-31. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/humanis.v16i2.6124
Section
Articles