MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS ISLAM NGRUKI SUKOHARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan manajemen pembelajaran di MTs Islam Ngruki Sukoharjo yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Manajemen pembelajaran bahasa Arab merupakan usaha untuk mengelola pembelajaran bahasa Arab yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien. Manajemen pembelajaran bahasa Arab di MTs Islam Ngruki Sukoharjo yaitu Perencanaan meliputi koordinasi guru, penyusunan kalender akademik, penyusunan program tahunan dan semesteran, penyusunan alokasi waktu, dan penyusunan silabus dan RPP. Pengorganisasian meliputi pengelompokkan materi pelajaran bahasa Arab sesuai dengan tingkatan dan target pembelajaran, pembagian tugas guru, pembagian kelompok belajar, dan fasilitasi sarana prasarana. Pelaksanaan meliputi proses pembelajaran baik pengelolaan kelas dan siswa oleh guru maupun pengelolaan guru oleh kepala sekolah. Evaluasi meliputi evaluasi hasil belajar berupa evaluasi formatif dan sumatif, serta evaluasi proses pembelajaran dan kinerja guru.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.