BEHAVIORISME PURPOSIVE FOR ARABIC LANGUAGE LEARNING IN FADILILLAH BOARDING SCHOOL SURABAYA

  • Saiul Anah STAI Taruna Surabaya
  • Abdullah Isa STAI Taruna Surabaya
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Behaviorisme Purposive, Fadilillah Boarding School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Behaviorisme Purposive For Arabic Language Learning In Fadilillah Boarding School Surabaya Dan penelitian ini juga melihat motivasi santri dalam pembelajaran bahasa arab, dimana perilaku sebagai tolak ukur yang terpenting dalam menganalisis motivasi tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian sebanyak 38 siswa. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan tiga langkah yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Behaviorisme Purposive For Arabic Language Learning In Fadilillah Boarding School Surabaya pada kelas Tujuh Sekolah Menengah Pertama berdasarkan behaviorisme Purposive yaitu, guru melakukan gaya belajar dengan searah, selalu dilakukan pengulangan terhadap materi yang telah dijelaskan, dan selalu memberikan latihan soal sebagai fokus utamanya. Peneliti juga menemui bahwa guru menerapkan sistem pendidikan yang islami, dengan memberikan motivasi kepada siswa tanpa memberikan hukuman, dan memberikan perhatian penuh kepada siswa terhadap kebutuhanya sepanjang pembelajaran. Motivasi tersebut dapat diukur dalam persentasenya sebanyak 51% dengan jumlah siswa 38, hal ini termasuk dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-08
How to Cite
Anah, S., & Isa, A. (2022). BEHAVIORISME PURPOSIVE FOR ARABIC LANGUAGE LEARNING IN FADILILLAH BOARDING SCHOOL SURABAYA. Al-Fakkaar, 3(1), 57-70. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2871
Section
Articles