PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM EKSKRESI MANUSIA DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS VIII-C SMPN 2 PACET MOJOKERTO MELALUI METODE DISCOVERY

  • Sri Handayani SMP Negeri 2 Pacet Mojokerto
Keywords: hasil belajar, sistem ekskresi, discovery

Abstract

Pembelajaran sistem ekskresi manusia dalam pelajaran IPA di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Pacet Mojokerto tahun pelajaran 2021/2022, mengalami permasalahan yang harus segera diselesaikan. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai rata-rata ulangan harian yang tercapai hanya sebesar 54,4. Dari 34 siswa hanya 15 siswa yang mendapat nilai di atas 70. Hal ini menunjukan bahwa persentase ketuntasan belajar yang dicapai hanya sebesar 45,4%.Penyebab rendahnya hasil ulangan dikarenakan pembelajaran yang berlangsung kurang melibatkan siswa secara maksimal. Maka penulis akan melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode pembelajaran discovery. Penelitian tindakan dilakukan di kelas VIII-C SMPN 2 Pacet semester II tahun pelajaran 2021/2022.  Penelitian dilakukan oleh guru IPA dengan kolaborator seorang guru IPA kelas XII.  Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh simpulan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem ekskresi manusia dalam pelajaran IPA. Simpulan ini didasarkan pada hasil post test yang meningkat dari setiap siklusnya. Demikian pula hasil observasi kegiatan siswa dan guru, menunjukkan interaksi pembelajaran yang efektif dan efisien.Pembelajaran sistem ekskresi manusia dalam pelajaran IPA melalui penerapan metode discovery, dimulai dengan menampilkan video tentang organ ekskresi manusia. Selanjutnya setiap kelompok diberi torso tentang organ ekskresi. Pada pembelajaran siklus kedua, guru mempersilahkan siswa membentuk 5 kelompok belajar.Guru memberikan 5 permasalahan yang harus dipilih oleh setiap siswa. Setiap siswa menyelasaikan tugas secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31