PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MULTIMEDIA MELALUI IHT DARING DENGAN PLATFORM MS TEAMS

  • Syamsul Arifin Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo
Keywords: Kompetensi Guru, Direct Instruction, IHT Daring

Abstract

Pembelajaran Matematika di wilayah binaan penulis mengalami permasalahan yang teridentifikasi dari rendahnya rata-rata ulangan tengah semester II tahun pelajaran 2020/2021. Dari supervisi perangkat pembelajaran, rendahnya capaian ini dipengaruhi oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh aktivitas guru. Dari diskusi bersama teman sejawat didapat masukan bahwa pembelajaran Matematika selama ini berlangsung tanpa keterlibatan siswa sebagai subjek pembelajaran. Maka perlu dilaksanakan penelitian tindakan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP Matematika dengan model pengajaran direct instruction berbantuan multimedia. melalui IHT daring dengan platform MS Teams. Subjek penelitian adalah guru-guru Matematika di wilayah binaan penulis berjumlah 7 orang. Fokus permasalahan yang diteliti adalah aktivitas guru serta hasil post test siswa pada pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus, diperoleh simpulan bahwa upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP Matematika dengan model pengajaran direct instruction berbantuan multimedia melalui IHT daring dengan platform MS Teams, diawali dengan mengadakan pelatihan menyusun RPP, selanjutnya setiap guru menerapakannya. Upaya peningkatan prestasi belajar Matematika di sekolah binaan setelah kegiatan IHT daring dengan platform MS Teams, mendapatkan hasil yang sangat baik. Rata-rata hasil post test dari siklus pertama hingga siklus kedua mengalami peningkatan yang signifikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31