PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DARING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANALISIS KIMIA DASAR TENTANG KOSENTRASI LARUTAN, SISWA KELAS X TMI-2 SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN GRESIK

  • Nur Khabibah SMKN 1 Duduksampean
Keywords: Problem Based Learning Berbasis Daring, Hasil Belajar, Kosentrasi Larutan

Abstract

Pembelajaran Analisis Kimia Dasar di kelas X TMI-2 SMKN 1 Duduksampeyan Gresik tahun pelajaran 2020/2021 mengalami banyak hambatan, khususnya pada materi laju reaksi. Pada uji kompetensi, nilai rata-rata siswa sangat rendah, hal ini diduga karena pembelajaran berlangsung hanya satu arah. Siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga guru kesulitan dalam mengontrol keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendekatan problem based learning berbasis daring terhadap prestasi belajar siswa, Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan problem based learning sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Analisis Kimia Dasar tentang konsentrasi larutan. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang meningkat. Pada siklus pertama, nilai rata–rata hasil post test sebesar 71,7. Siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 28 siswa atau sebesar 77,8%. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa atau sebesar 22,3%. Pada siklus kedua, nilai rata–rata hasil post test sebesar 79,3 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 88,9%. Hal ini menunjukkan bahwa  ada 32 siswa dari 36 siswa sudah tuntas belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30