PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS TENTANG TENTANG ESSAI NARRATIVE DAN DESCRIPTIVE, SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN 1 MENGANTI GRESIK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

  • Kesi Damayanti SMAN 1 Menganti Gresik
Keywords: Hasil belajar, Narrative dan Descriptive, Problem-Based Learning

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti Gresik pada pelajaran bahasa Inggris sangat rendah. Hasil ulangan tentang essai narrative dan descriptive disajikan dalam tiga unsur, yaitu unsur grammar, unsur diction dan paragraph development dengan nilai rata–rata  unsur grammar adalah 58,5 dan ketuntasan belajar mencapai 47%. Nilai rata–rata unsur diction adalah 59,1 dan ketuntasan belajar mencapai 44,1%. Nilai rata–rata unsur paragraph development sebesar 59,9 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 47%. Pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI IPA-2 selama ini kurang dapat mengatifkan siswa terlibat dalam pembelajaran. Maka melalui penelitian yang berbentuk tindakan kelas ini, peneliti ingin meningkatkan hasil belajar essai narrative dan descriptive dengan menerapkan pendekatan problem based learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan diawali dengan analisis permasalahan, penyusunan rencana tindakan, kegiatan observasi dan refleksi. Siswa diberi media teks “SehatQua Mineral Water” Setiap siswa memperhatikan dan menirukan dengan seksama. Siswa menemukan pokok pikiran yang terdapat dalam teks iklan “SehatQua Mineral Water” dan teks iklan “HandShoes” dan mengungkapkan dalam teks descriptive. Pembelajaran dengan pendekatan problem based learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris tentang essai narrative dan descriptive, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30