PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KEPENDUDUKAN PADA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII-F SMPN 1 PACET MOJOKERTO DENGAN METODE FIELD VISIT

  • Siti Arifah SMP Negeri 1 Pacet Mojokerto
Keywords: Hasil Belajar, Kependudukan, Metode Field Visit

Abstract

Adanya permasalahan pembelajaran IPS di kelas VIII-F SMP Negeri 1 Pacet Mojokerto tahun pelajaran 2019/2020 diduga karena pembelajaran berlangsung hanya satu arah. Siswa sebagai pembelajar, tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS tentang Kependudukan melalui penerapan metode field visit dan mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran field visit pada pelajaran IPS tentang Kependudukan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Pacet Mojokerto sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil pada siklus pertama diperoleh nilai rata–rata hasil post test sebesar 75,5 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 71,9%. Hal ini menunjukkan bahwa ada 23 siswa dari 32 siswa sudah tuntas belajar.  Pada siklus kedua diperoleh nilai rata–rata hasil post test sebesar 80,9 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,6%. Hal ini menunjukkan bahwa ada 29 siswa dari 32 siswa sudah tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan metode pembelajaran field visit dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang Kependudukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30