STRATEGI PEMBELAJARAN MATA KULIAH PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SECARA DARING MELINTASI MASA PANDEMI COVID-19

  • Sumarwoto Sumarwoto Universitas Wisnuwardhana Malang
Keywords: strategi pembelajaran, daring, masa pandemi, PKn

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di tingkat perguruan tinggi belum menemukan posisi yang sesuai dikalangan mahasiswa karena dipandang sebagai mata kuliah yang membosankan dan tidak terlalu penting. Kondisi pandemic Covid-19 yang memberlakukan pembelajaran jarak jauh memberikan tantangan lebih kepada dosen dalam menyampaikan perkuliahan dengan berbagai konsekuensi yang harus dihadapi seperti adanya gangguan koneksi, dan kuota internet saat perkuliahan berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pembelajaran daring pada mahasiswa melintasi pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku yang berhubungan dengan masalah dan tujuan penelitian. Proses analisis pada artikel ini dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan dosen lebih diarahkan  kepada cara mahasiswa  belajar  aktif,  penyampaian  materi  dalam bentuk kasus sesuai dengan materi yang akan disampaikan, sehingga menimbulkan proses belajar dua arah dan penyampaian pendapat mahasiswa terhadap suatu kasus tertentu. Dalam kondisi pandemi Covid-19, penggunaan model blended learning, dan peta konsep membentuk kombinasi model pembelajaran yang efektif meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30