PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAJARAN PPKn DI KELAS X AK-1 SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG DENGAN METODE CURAH PENDAPAT

  • Sumiyati Sumiyati SMKN 1 Boyolangu Tulungagung
Keywords: Hasil Belajar, Pemerintah Daerah, Curah Pendapat

Abstract

Kurikulum PPKn menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan menekankan agar peserta didik menjadi pelajar aktif dan juga mempunyai kompetensi tertentu. Hal ini berarti bahwa proses belajar mengajar PPKn tidak hanya berlandaskan pada teori pembelajaran kognitif, tetapi lebih menekankan pada prinsip-prinsip belajar dari teori perilaku. Materi pembelajaran PPKn perlu disampaikan dengan metode yang melibatkan mental siswa, metode yang efektif dan efisien, serta metode yang kreatif dan menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan metode curah pendapat sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar tentang pemerintah daerah. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X AK-1 SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pada siklus pembelajaran pertama, rata–rata prestasi belajar siswa 71,1. Siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 24 siswa atau sebesar 66,7%. Pada siklus pembelajaran kedua, rata–rata prestasi belajar siswa sebesar 80. Siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 33 siswa atau sebesar 91,7%. Berdasarkan hasil post test yang terus meningkat dari siklus pertama hingga siklus kedua, maka dapat disimpulkan metode curah pendapat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30