OPTIMALISASI KREATIVITAS MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN IPS GUNAMENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR

  • Sri Riyadini SD Negeri Pengumbulanadi II Tikung, Lamongan
Keywords: optimalisasi, kreativitas mengajar, kualitas belajar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengungkap kreativitas mengajar guru pada pembelajaran IPS serta Mendiskripsikan pengaruh kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran IPS dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas IV semester I SD Negeri Pengumbulanadi II Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk siklus kegiatan. Satu siklus kegiatan terdiri dari 4 kegiatan yaitu: (1) Refleksi awal, (2) Perencanan, (3) Pelaksanaan dan pemantauan , (4) Refleksi. Dari hasil pengamatan serta catatan kegiatan selama PBM dari 19 peserta didik ternyata dapat diperoleh hasil yang cukup signifikan dimana dari nilai hasil sebelum tindakan diperoleh rata-rata nilai 5,5 dan setelah diadakannya tindakan terjadi kenaikan jumlah nilai dengan rata-rata 7,5. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis selama tindakan dapat ditarik kesimpulan bahwa: Kreativitas mengajar guru pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas IV semester I SD Negeri Pengumbulanadi II

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30