PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN PENERAPAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESIGATION

  • Komaria Komaria Sekolah Dasar Negeri Tawangrejo 1, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan
Keywords: peningkatan, hasil belajar, metode kooperatif, group investigation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar PKN siswa kelas VI setelah diterapkan metode kooperatif model Group
Invesigation (GI). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dari sklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning, action, observation, dan reflection. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Tawangrejo I Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan ialah (1) lembar pengamatan kegiatan siswa, (2) lembar pengamatan kegiatan guru, dan (3) lembar tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN dengan diterapkannya metode kooperatif model group investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu siklus I daya serap siswa rata-rata 64,00 menjadi 81,00 pada siklus II. Dan data ketuntasan kelas juga meningkat yaitu siklus I mencapai 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30