UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL “PERTANYAAN TERBUKA”

  • Ramelan Ramelan SMP Negeri I Kalitengah, Lamongan
Keywords: PKn, kelas, aplikasi, cooperative learning

Abstract

Abstrak: Mata Pelajaran PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan dalam membentuk karakter siswa, namun akhir-akhir ini selain aplikasi nilainilai positif yang ada pada materi mapel PKn rasanya telah rapuh dan tidak memiliki makna, hal ini terbukti nilai-nilai yang diperoleh siswa masih kurang memuaskan, secara akademiknya, siswa juga mengalami kemerosotan minat untuk belajar. Pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini diperoleh hasil sebagai berikut : pada siklus 1 hasil observasi lembar minat siswa rata-rata prosentasenya 63,5 % dan nilai rata-rata ulangan harian 68,03, sedangkan pada siklus 2 lembar observasi minat siswa rata-rata prosentasenya 73,67 % dan rata-rata nilai ulangan hariannya 81,29. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-30