Pengaruh Tipe Kepribadian dan Karakter Siswa (Koleris, Plegmatis, Sanguinis dan Melankolis) Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Segiempat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Tipe Kepribadian dan Karakter Siswa (Koleris, Plegmatis, Sanguinis dan Melankolis) Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Dalam penelitian ini diperoleh hasil rata-rata skala CRI dengan jawaban benar dan prosentase miskonsepsi masing-masing siswa berdasarkan karakternya adalah 1) koleris sebesar 4,4 dan 2,56% , 2) plegmatis sebesar 3,36 dan18,04 % , 3) sanguinis sebesar 2,58 dan 36,4 % , dan 4) melankolis sebesar 4,28 dan 2,82% . Hal tersebut menujukkan bahwa siswa koleris memiliki keyakinan dan pemahaman yang paling tinggi dibandingkan dengan siswa dengan karakter yang lain. Sedangkan hasil dari analisis data diperoleh nilai dari signifikansi F yaitu 0,0066 ≤∝ = 0,05 yang artinya karakter siswa sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep bentuk segiempat dan juga nilai dari R-square sebesar 0,98 yang artinya berkorelasi kuat dan mempengaruhi secara positif sebesar 98 %.
References
Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403
Mularsih, H. (n.d.). Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. In JULI (Vol. 14, Issue 1).
Murtinasari, F., & Noviani Sulisawati, D. (2019.). Desain Kaos Geometri sebagai Media Pemahaman Konsep Bentuk pada Segiempat untuk Siswa Sd Kelas III Geometry T-Shirt Design as a Media for Understanding the Concept of Forms Quadrangle for Elementary School Students Grade III.Emasains, 8(1),70-76
Noviani Sulisawati, D., Murtinasari, F., & PGRI Jember, I. (2018). LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika. Modifikasi Kartu Uno Sebagai Media Pembelajaran Bangun Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. 1 (2), 101-11
Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2017). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal SAP, 2(2).
Prawito, A., & Kunci-Klasifikasi, K. (2021). Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Manusia Berdasarkan Tipologi Hippocrates-Galenus Menggunakan Metode Naïve-Bayes. Proceeding . Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1)
Wahyuni, E., & Mardicko, A. (2021). Pengaruh Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang.JurnalPendidikan Tambusai, 5(1)
Yulia, Y. (2019). Analisis Pemahaman Siswa terhadap Konsep Segiempat. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 23-33.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in UJMC (Unisda Journal of Mathematics and Computer Science) agree to the following terms:
1.Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.