Pengaruh Tipe Kepribadian dan Karakter Siswa (Koleris, Plegmatis, Sanguinis dan Melankolis) Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Segiempat

  • Frida Murtinasari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lutfiyah Lutfiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Karakter Siswa, Segiempat, Expost Facto dan Certainty Response of Index (CRI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Tipe Kepribadian dan Karakter Siswa (Koleris, Plegmatis, Sanguinis dan Melankolis) Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Dalam penelitian ini diperoleh hasil rata-rata skala CRI dengan jawaban benar dan prosentase miskonsepsi masing-masing siswa berdasarkan karakternya adalah 1) koleris sebesar 4,4 dan 2,56% , 2) plegmatis sebesar 3,36 dan18,04 % , 3) sanguinis sebesar 2,58 dan 36,4 % , dan 4) melankolis sebesar 4,28 dan 2,82% . Hal tersebut menujukkan bahwa siswa koleris memiliki keyakinan dan pemahaman yang paling tinggi dibandingkan dengan siswa dengan karakter yang lain. Sedangkan hasil dari analisis data diperoleh nilai dari signifikansi F yaitu 0,0066 ≤∝ = 0,05 yang artinya karakter siswa sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep bentuk segiempat dan juga nilai dari R-square sebesar 0,98 yang artinya berkorelasi kuat dan mempengaruhi secara positif sebesar 98 %.

References

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. In InfinityJ urnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 1, Issue 2)

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403
Mularsih, H. (n.d.). Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. In JULI (Vol. 14, Issue 1).

Murtinasari, F., & Noviani Sulisawati, D. (2019.). Desain Kaos Geometri sebagai Media Pemahaman Konsep Bentuk pada Segiempat untuk Siswa Sd Kelas III Geometry T-Shirt Design as a Media for Understanding the Concept of Forms Quadrangle for Elementary School Students Grade III.Emasains, 8(1),70-76

Noviani Sulisawati, D., Murtinasari, F., & PGRI Jember, I. (2018). LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika. Modifikasi Kartu Uno Sebagai Media Pembelajaran Bangun Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. 1 (2), 101-11

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2017). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal SAP, 2(2).

Prawito, A., & Kunci-Klasifikasi, K. (2021). Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Manusia Berdasarkan Tipologi Hippocrates-Galenus Menggunakan Metode Naïve-Bayes. Proceeding . Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1)

Wahyuni, E., & Mardicko, A. (2021). Pengaruh Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang.JurnalPendidikan Tambusai, 5(1)

Yulia, Y. (2019). Analisis Pemahaman Siswa terhadap Konsep Segiempat. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 23-33.
Published
2022-12-31
How to Cite
Murtinasari, F., & Lutfiyah, L. (2022). Pengaruh Tipe Kepribadian dan Karakter Siswa (Koleris, Plegmatis, Sanguinis dan Melankolis) Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Segiempat. UJMC (Unisda Journal of Mathematics and Computer Science), 8(2), 21-30. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/ujmc.v8i2.3553