Peramalan Jumlah Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Di Jawa Timur Menggunakan Metode ARIMA

  • Elisabeth Vianey Mali Universitas PGRI Adi Buana
  • Wanda Nur Hamidah Universitas PGRI Adi Buana
  • Fenny Fitriani Universitas PGRI Adi Buana
Keywords: ARIMA, Covid-19, Persediaan, Oksigen

Abstract

Penyebab tingginya angka kematian Covid-19 di Indonesia karena pasien COVID-19 mengalami gangguan pernapasan dan masih banyak masyarakat yang belum mematuhi aturan PPKM dan protokol kesehatan 5M. Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif pada aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi masyarakat. Pada aspek kesehatan, salah satu dampak yang jelas adalah banyak masyarakat kesulitan mengisi tabung oksigen, terutama di wilayah Jawa Timur. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pada Juli 2021 pemerintah provinsi membuka stasiun pengisian oksigen gratis di 4 wilayah, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Malang. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi jumlah tabung oksigen yang akan melakukan pengisian di masa yang akan datang. Penelitian ini ditujukan untuk meminimalisir kekurangan atau kelebihan stok kebutuhan oksigen. Salah satu cara peramalan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode Time Series yaitu ARIMA. Didapatkan bahwa model terbaik untuk data pemenuhan oksigen memiliki nilai MSE sebesar 51,6 dengan ARIMA (2,1,2). Hasil peramalan didapatkan bahwa suplai oksigen pada bulan oktober hampir sama untuk setiap harinya dan hanya tergantung fluktuasi suplai oksigen hari itu.

References

[1] Fejriani, F., Hendrawansyah, M., Muharni, L., Handayani, S. F., & Syaharuddin, S. (2020). Forecasting Peningkatan Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin Menggunakan Metode ARIMA. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan, 8(1), 27-36.
[2] Hartati. (2017). Penggunaan Metode Arima Dalam Meramal Pergerakan Inflasi. Jurnal Matematika, Saint, dan Teknologi, 18(1), 1-10.
[3] Pradana, M. S., Rahmalia, D., & Prahastini, E. D. A. (2020). Peramalan Nilai Tukar Petani Kabupaten Lamongan dengan Arima. J. Mat, 10(2), 91-104.
[4] Rezaldi, D. A., & Sugiman. (2021). Peramalan Metode ARIMA Data Saham PT. Telekomunikasi Indonesia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 2613-9189). Semarang: Jurusan Matematika, Universitas Negeri Semarang.
[5] Salwa, N., Tatsara, N., Amalia, R., & Zohra, A. F. (2018). Peramalan Harga Bitcoin Menggunakan Metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average). Journal of Data Analysis , 1(1), 21-31.
[6] Worldometers. (2021). worldometers. Retrieved Oktober 12, 2021, from https://www.worldometers.info/coronavirus/
[7] Zulhamidi, & Hardianto, R. (2017). Peramalan Penjualan Teh Hijau Dengan Metode ARIMA (Studi Kasus Pada PT. MK). Jurnal PASTI, XI(3), 231-244.
Published
2022-06-30