Analysis of Understanding Mathematical Concepts in Junior High School Students on Integer Operation Material

  • Erieza Dwi Pratiwi Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Ali Shodikin Universitas Islam Darul ‘Ulum
Keywords: analysis, concept understanding, mathematics

Abstract

This study aims to determine the conceptual understanding of students in junior high school in solving historical problems. The subjects of this study were students of Class VII Lamongan. The method used in this research is qualitative. Data collection techniques used are test and interview techniques. After the tests and interviews, there was 1 student with good grades, 2 students with good grades, and 1 student with bad grades, the average was 70%. Students with good category understanding can represent a concept in various mathematical representations, reformat a concept, and classify objects according to certain properties according to the concept. Eligible students can represent a concept in various mathematical representations and reformat a concept. And low-ability students can only present concepts in various forms of mathematical representation.

   Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konseptual siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah sejarah. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII Lamongan. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Setelah dilakukan tes dan wawancara, terdapat 1 siswadengan nilai baik, 2 siswa dengan nilai baik dan 1 siswa dengan nilai buruk, rata-ratanya  adalah 70%. Siswa dengan pemahaman kategori yang  baik dapat merepresentasikan suatu konsep dalam berbagai representasi matematis, memformat ulang suatu konsep, dan mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep tersebut. Siswa yang memenuhi syarat dapat merepresentasikan suatu konsep dalam berbagai representasi matematis dan memformat ulang suatu konsep. Dan  siswa berkemampuan rendah hanya dapat menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis.

References

[1] Ananda, R. P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut. 6(2), 9.

[2] Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428

[3] Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. 12.

[4] Nurjaman, A., & Sari, I. P. (2017). The Effect Of Problem Posing Approach Towards Students’ Mathematical Disposition, Critical & Creative Thinking Ability Based On School Level.Infinity Journal, 6(1), 69. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.223

[5] Rahmawati, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.012-05

[6] Siregar, S. (2013). Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Software Graphmatica. 03, 9.

[7] Suswigi, S., & Zanthy, L. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Cimahi Pada Materi Persamaan Garis Lurus.Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.77

[8] Utari, V., Fauzan, A., & Rosha, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan Pmr Dalam Pokok Bahasan Prisma Dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 6.

[9] Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95

[10] Dahar, W. R. (2006). Teori-TeoriBelajardanPembelajaran. Yogyakarta: PustakaBelajar.

[11] Bahri. (2008). KonsepdanDefinisiKonseptual. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

[12] Susanto, A. (2014). TeoriBelajardanPembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Kencana

[13] Annajmi. 2016. PeningkatanKemampuanPemahamanKonsepMatematikSiswa SMP melaluipenemuanterbimbingberbantu software geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science)

[14] Rohana. 2011. PengaruhPembelajaranBerbasisMasalahTerhadapPemahamanKonsepMahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang: Prosiding PGRI

[15] Sugiyono. (2015). MetodePenelitianPendidikan: PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-06-30
How to Cite
Pratiwi, E., & Shodikin, A. (2022). Analysis of Understanding Mathematical Concepts in Junior High School Students on Integer Operation Material. UJMC (Unisda Journal of Mathematics and Computer Science), 8(1), 11-18. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/ujmc.v8i1.2834