Analisis Korelasi Pemahaman Konsep Materi Statistika Deskriptif Dengan Kesalahan Uji Hipotesis Deskriptif

  • Ratna Yuniarti STIA MUHAMMADIYAH SELONG
Keywords: Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Indikator Kastolan, Soal Statistika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pemahaman konsep materi statistika deskriptif dengan kesalahan uji hipotesis deskriptif mahasiswa program studi administrasi public STIA Muhammadiyah Selong TA 2019-2020. Hasil analisis ini sebagai informasi bagi peneliti dalam memperbaiki pembelajaran dan menemukan solusi bagi mahasiswa untuk mengatasi permasalahannya. Penelitian ini dilakukan di Prgram Studi Administrasi Publik STIA Muhammadiyah Selong. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 25 orang yang diambil dari kelas A. Dari hasil tes dan wawancara kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan proses dengan besar persentase 92% yaitu pada materi pengujian hipotesis. Untuk menganalisis hubungan pemahaman konsep dengan kesalahan uji hipotesis dilakukan uji korelasi dengan kendals tau. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel tersebut.

References

[1] Ridwan, Pengantar Statistika Sosial, Desember. 2009.
[2] S. Dewimarni, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Program Studi
Manajemen Informatika UniversitasPutra Indonesia
“YPTK” Padang Dalam Menyelesikan Soal-Soal
Statistika Dan Probability”,Jurnal Pendidikan Matematika vol. 1,no.1, 2017,DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v1i1.13
[3] K. P. S. Dirgantoro, “Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Prosedur Newman”, Journal of Holistic Mathematics Education vol 2, no 2, 2019,DOI: http://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203.
[4] D. B. Pratama Putra, dan I. Lazulfa, I. Mufarrihah,“Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Teknik InformatikaDalam Menyelesaikan Soal Statistika”, Journal of Mathematics Education, Science and Technology vol. 3, no. 2, 2018,DOI:10.30651/must.v3i2.1876
[5] M. Arie Firmansyah. Analisis. “Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika”. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika vol. 10. No.2. 2017. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2036.
[6] Maysani, Rohmah, dan Pujiastuti, Heni. “ Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika vol 4 no 1. 2020.https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/view/6949
[7] Kartika Sari, Raras. “Analisis Newman dalam menyelesaikan soal statistika ditinjau dari metakognitif tacit use”. Jurnal Tadris Matematika. Vol 1.no 2.2018.http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtm
[8] Suci Apriana, Maria. “Jenis-Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Inferensia pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi 2014/2015”. Seminar Nasional Matematika X Unes. 2016. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/issue/view/1252
[9] Khusnul Khotimah. “Analisis Korelasi Rank Kendall dan Aplikasinya Dengan SPSS”. UNNES. 2007
[10] Yuniarti, R., & Hartati, W. (2017). Regresi Nonparametrik Menggunakan Metode Robust dan Cross-Validation (Studi Kasus Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong). Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 3(2), 9-16.
[11] Yuniarti, R & Hartati, W. (2020). Pemantauan Penyebaran Virus Covid-19 Pada Mahasiswa Stia Muhammadiyah Selong Menggunakan Aplikasi Google Form. Abdiku: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19-28.
[12] Wijaya, S. A., & Yuniarti, R. (2021). Kompleksitas Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di STIA Muhammadiyah Selong. Jurnal Mentari Publika, 1(2), 157-165.
[13] Yuniarti, R. (2021). Pengembangan Materi Ajar Mata Kuliah Statistik Sosial: Implementasi Analisis Regresi Logistik Dengan SPSS Pada Penelitian Administrasi Publik. Jurnal Mentari Publika, 1(2), 166-173.
Published
2022-06-30