Penerapan Pembelajaran Van Hiele untuk Mendukung Pemecahan Masalah Geometri

  • Aini Masikhah Universitas Qomaruddin
  • Wilda Mahmudah Universitas Qomaruddin
  • Junaidah Wildani Universitas Qomaruddin
Keywords: Pembelajaran Van Hiele, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah geometri. Penyebab dari rendahnya kemampuan tersebut adalah kurangnya pemahaman konsep dan keterampilan geometri siswa. Sehingga diperlukan kreativitas guru dalam proses belajar mengajar yang lebih menekankan pada kemampuan siswa dalam pemecahan masalah materi geometri. Model pembelajaran Van Hiele merupakan model yang disesuaikan dengan tahapan berpikir siswa, sehingga tepat diterapkan dalam pembelajaran geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, respon dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Van Hiele dalam rangka mendukung kemampuan pemecahan masalah geometri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian “one shot case study”. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah RPP, lembar observasi, angket respon siswa, dan soal tes pemecahan masalah. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP NU Miftahul Huda Karangrejo dengan sample kelas VIII B. Data yang dianalisis yaitu data lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, hasil belajar siswa dan hasil tes pemecahan masalah. Dari analisis data diperoleh bahwa hasil keterlaksanaan pembelajaran Van Hiele terlaksana dengan baik. Respon siswa pada pembelajaran Van Hiele menunjukkan positif. Hasil belajar siswa kelas VIII B SMP NU Karangrejo juga menunjukkan baik. Dan hasil keefektifan menunjukkan bahwa pembelajaran Van Hiele mampu mendukung pemecahan masalah geometri.

 

References

[1] Nopriana, T. (2017). Berpikir Geometri Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FKIP UNSWAGAWATI.
[2] Wardani, S. & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar Dari Pisa dan Timss.
[3] Burais, F. F. & Husna (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Peluang, Vol. VI, No. 2, hlm 52.
[4] Sholihah, S. Z.& Ekasatya, A. F. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharofa, Volume 6, (Nomor 2), hlm 294.
[5] Muhasanah. dkk. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2 (No. 2) : hlm 54-66
[6] Mubasiroh, s. (2016). Keefektifan Penerapan Teori Van Hiele Terhadap Aktivitas Belajar Materi Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas IV SDN Mintaragen 6 Kota Tegal. Semarang: Universitas Semarang.
[7] Safrina. Dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pembelajarn Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 1, (No. 1), hlm 17.
[8] Wildani, J. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Relistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
[9] Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
[10] Halim, F.A. (2017). Efektifitas Pembelajaran Yang Menggunakan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segitiga Dikelas VII B SMP BOPKRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
[11] Hendriani, B.F. Dkk, (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Mandiri Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Mtemtika Model 4K
[12] Mika, P.N., dkk. (2016). Penerapan Pembelajaran Van Hiele Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Daerah Layang-Layang Di Kelas VII SMP Negeri 12 Palu. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Tadulako. Vol. 03 (No. 03).
[13] Siregar, E & Hartini, N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
[14] Kartiani, b.s. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 6, Edisi 2.
Published
2021-07-05
How to Cite
Masikhah, A., Mahmudah, W., & Wildani, J. (2021). Penerapan Pembelajaran Van Hiele untuk Mendukung Pemecahan Masalah Geometri. UJMC (Unisda Journal of Mathematics and Computer Science), 7(1), 1 - 10. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/ujmc.v7i1.2447