Pengaruh Tarif terhadap Pemilihan Moda Transportasi Online dan Konvensional Di Kota Banyuwangi
Abstract
Transportasi yang aman dan nyaman merupakan beberapa alasan responden untuk memilih moda transportasi yang akan digunakan untuk mencapai tempat tujuan. Hal inilah yang menjadi permasalahan di Kabupaten Banyuwangi semenjak mulai berkembangnya transportasi berbasis aplikasi online di Kabupaten Banyuwangi pada awal tahun 2017. Saat ini di banyuwangi telah ada beberapa penyedia aplikasi untuk memesan kendaraan atau transportasi online. Seperti Grap Car dan Go Car. Transportasi online dan transportasi konvensional memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga dapat mempengaruhi pelaku perjalanan dalam memilih moda transportasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan dan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda transportasi. Penelitian ini menggunakan metode stated preference, kemudian diolah dengan model logit binomial. Survei dilaksanakan dengan penyebaran kepada 100 responden. Pada selisih tarif (X1) probabilitas transportasi online 75%, probabilitas transportasi konvensional 25%. Persamaan utilitas yang didapatkan adalah Y = 1.143+0.000X1.
References
Konvensional. JRSDD, 6(4), 399–410.
[2] Laloma, A., Rompis, S. Y. R., & Jefferson, L. (2018). Pengaruh Angkutan Online Terhadap Pemilihan Moda
Transportasi Publik Di Kota Manado ( Studi Kasus : Trayek Malalayang - Pusat Kota ). Jurnal Sipil Statik, 6(8), 541–
552.
[3] Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan & Pemodelan Transportasi Edisi Kedua. Bandung: ITB.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in UJMC (Unisda Journal of Mathematics and Computer Science) agree to the following terms:
1.Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.