Pengembangan SDM Dalam Pembentukan Karakter Santri di Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta

  • Ibnu Rosidi Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Sumber Daya Manusia, Karakter dan Santri

Abstract

Abstrak : Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran LPM dalam mengembangkan SDM  dan implikasinya dalam pembentukan karakter santri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar  Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim   Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan  psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena pada asasnya adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang sudah diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis agar dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data tersebut di atas dengan menggunakan teknik triangulasi. hasil  penelitian yang di dapat (1) Bentuk-bentuk  pengembangan SDM santri yang dilakukan oleh LPM meliputi : (a) Santri diberi amanah untuk  mengajar TPA, (b) Santri diberi amanah untuk mengampu kajian remaja, (c)Santri diberi amanah untuk  mengisi pengajian Bapak-bapak/ Ibu-ibu, (d) Santri diberi amanah untuk menjadi  Khotib Jum’at, (e) Santri diberi amanah dalam pembentukan kepanitiaan  kegiatan LPM.  (2) Implikasi yang terbentuk terhadap karakter santri meliputi: (a) Religius , (b) Disiplin, (c) Kreatif dan  (d) Tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-31
How to Cite
Rosidi, I. (2018). Pengembangan SDM Dalam Pembentukan Karakter Santri di Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 106-120. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.637
Section
Articles