Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa

  • Sulhatul Habibah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Pendidikan, Filsafat Islam, Moral

Abstract

Abstrak : Artikel ini melihat absurditas pola perilaku orang terdidik tetapi perilakunya korup. Tidaklah mungkin pendidikan mencederai moral sebab misi suci pendidikan membentuk kemanusiaan luhur: menaikkan tarafnya lebih tinggi dari sekedar lingkup fisik dan jangka pendek. Ada kekeliruan dalam proses pendidikan di Indonesia yang tidak menghasilkan perilaku orang terdidik menjadi pribadi bersih. Artikel ini menganalisa dan mengkritik pandangan umum pendidikan sebagaimana berlangsung dan dianggap umum di Indonesia. Pendekatan dalam artikel ini menggunakan filsafat pendidikan Islam: menjabarkan apa sebenarnya landasan filosofis pendidikan dalam tinjauan Islam. Tinjauan kefilsafatan kiranya sudah tepat untuk menelaah basis perilaku moral manusia. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk memperkuat keutuhan bangsa sekaligus menyelamatkannya dari bahaya krisis moral yang sudah merajalela.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-31
How to Cite
Habibah, S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 40-58. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.624
Section
Articles