IMPLEMENTASI P5 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI SDN SUMBERAGUNG BRONDONG

  • Muchamad Suradji Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Elisah Novi Latifah Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Implementasi P5, Motivasi Belajar Siswa, Aplikasi Tiktok

Abstract

Media sosial tiktok dalam penggunaannya saat ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. terutama dikalangan siswa sekolah dasar, sehingga menggiring banyak opini negative maupun positif dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan P5 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media sosial tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5, guru kelas, dan wali murid di SDN Sumberagung Brondong. data mengenai implementasi P5 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media sosial tiktok dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial tiktok dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran P5 yang merupakan program wajib dalam kurikuluk merdeka. Selain itu, penggunaan media sosial aplikasi tiktok juga dapat berdampak terhadap meningkatnya pengetahuan dan kreatifitas peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-15
How to Cite
Suradji, M., & Latifah, E. (2024). IMPLEMENTASI P5 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI SDN SUMBERAGUNG BRONDONG. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 166-174. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i1.5873
Section
Articles