NILAI AKHLAK DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH

  • mukhlas mukhlas Universitas Tridinanti Palembang
  • Muhamad Akip STAI Bumi Silampari Lubuklinggau, Indonesia
Keywords: Nilai Akhlak, Penyelenggaraan Pendidikan Islam dan Ibnu Miskawaih

Abstract

Abstrak. Pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dalam bermasyarakat. Sebab jatuh bangunnya seorang manusia itu tergantung pada akhlaknya. Apabia akhlaknya baik, maka sejahteralah lahir dan batinnya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui nilai akhlak dalam penyelenggaraan pendidikan Islam Perspektif Ibnu Miskawaih yang hingga saat ini masir relevan digunakan pada lembaga pendidikan baik umum maupun agama. Metode dalam penelitian Library Research melalui pengeumpulan literature yang berkaitan tentang akhlak Ibnu Miskawaih yang meliputi karya pribadinya (Pustaka Primer), monografi, dan tulisan-tulisan khusus yang berkaitan dengan Ibnu Miskawaih (Pustaka Sekunder). pendekatan yang digunakan (1) Pendekatan Filosofis, (2) Pendekatan Holistik, (3) Sufistik metode pengolahan dan analisis data yang bersifat kualitatif dan diinterprestasikan ke dalam konsep yang bisa mendukung sasaran dan objek pembahasan Deduktif, Induktif dan komparatif. Hasil penelitian mengenai nilai akhlak dalam penyelenggaraan pendidikan Islam Perspektif Ibnu Miskawaih adalah Nilai pendidikan akhlak yang ditawarkan Ibn Miskawaih konsep manusia dan akhlak yang mana manusia memiliki daya bernafsu (an-nafs al-Bahimmiyyat) sebagai daya terendah, daya berani (an-nafs as- Sabu'iyyat) sebagai daya pertengahan, dan daya berpikir (an-nafs an- Nathiqat) sebagai daya tertinggi. melalui Pertama penyelenggaraan pendidikan Islam akan menghasilkan sikap batin yang mampu mendorong untuk melahirkan perbuatan yang bernilai baik, sehingga mampu memperoleh kebahagiaan yang sejati. Kedua,  metode pendidikan akhlak. Ibn Miskawaih memiliki beberapa metode untuk mencapai akhlak yang baik, terus belajar dan menahan diri (al-'adat wa al-jihad) untuk mendapatkan akhlak sebagai keutamaan jiwa. Ketiga, materi pendidikan akhlak adalah perkara yang menjadi kebutuhan Jasmani dan rohani seperti shalat dan puasa serta perkara yang berhubungan dengan makhluk (pernikahan,saling mengingatkan dan). Keempat, lingkungan pendidikan akhlak dimulai dari rumah, sekolah dan lingkungan yang harus bekerja sama. Lingkungan ini secara akumulatif bepengaruh terhadap terciptanya lingkungan peelajar. Konsep Ibn Miskawaih ini telah ada dan diaplikasikan pada abad kesepuluh tersurat dalam karyanya Tahzib al-Akhlak yang selalu aktual dan dan tidak akan pernah musna dengan kemajuan zaman.Dalam penyelenggaraan pendidikan Islam pendidikan akhlak sangat diutamakan dan menentukan keberkahan dan keberhasilan, untuk berkemauan yang sungguh-sungguh untuk berlatih secara berkesinambungan dan menahan diri dari pebuatan tercela yang diajarkan dalam proses penyelenggaraan pendidikan Islam baik formal,nonformal maupun informal yang memiliki nilai Pertama kemauan yang tinggi (Terus Belajar meskipun Telah Pandai) kedua, menjadikan semua pengalaman sebagai pengetahuan serta orang lain sebagai cermin untuk tercapainya akhlak yang baik (akhlaqul karimah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, W, E Syarifudin, and E Musihah, ‘Refleksi Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam’, … -Qur’an): Jurnal Pendidikan …, 6.01 (2023), 19–42
Ahmad Wahyu Hidayat, Ulfa Kesuma, ‘Analisis Filosufis Pemikiran Ibnu Miskawaih (Sketsa Biografi, Konsep Pemikiran Pendidikan Dan Relevansinya Diera Modern)’, Nazhrunah, 2.1 (2019), 87–107
Azwardi, Azwardi, ‘Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tembilahan’, Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10.2 (2021), 261–74
Burga, Muhammad Alqadri, ‘Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik’, Al-Musannif, 1.1 (2019), 19–31
Busroli, Ahmad, ‘Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Dan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4.2 (2019), 236–51
Firmansyah, Firmansyah, ‘Tinjauan Filosofis Tujuan Pendidikan Islam’, TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5.1 (2022), 47–63
Fitriana, Dian, ‘Hakikat Dasar Pendidikan Islam’, Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7.2 (2020), 143–50
Hakim, Rosniati, ‘Pembiasaan Akhlak Mulia Bagi Anak’, Murabby, 1.April (2018), 60–70
Harahap, Laela Hamidah, ‘Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer’, Tazkiyah: Journal of Islamic Education, 1 (2023), 30–42
Ishak, Ishak, ‘Karakteristik Pendidikan Agama Islam’, FiTUA: Jurnal Studi Islam, 2.2 (2021), 52–63
Jamal, Syafa’atul, ‘Konsep Akhlak Menurut Ibn Miskawaih’, Tasfiyah, 1.1 (2017), 50
Khairuddin, K, ‘Meningkatkan Kompetensi Akhlak Siswa Melalui Proses Pembelajaran’, Journal Educative: Journal of …, 1.2 (2016), 121–34
Lestari, Ayu, ‘Konsep Guru Dan Anak Didik Dalam Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Maskawaih’, Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14.2 (2017)
Mareta, Mira, ‘Pendidikan Humanis Dalam Keluarga (Konstruksi Pola Asuh Orang Tua Dalam Mempersiapkan Generasi Masa Depan)’, Jurnal Dawwam, 11.2 (2018), 17–38
Mas’amah, Siti, Ujang Nurjaman, and Faiz Karim Fatkhulloh, ‘Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16.3 (2022), 922
Matanari, Ratimah, ‘Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Miskawaih (Studi Tentang Konsep Akhlak Dan Korelasinya Dengan Sistem Pendidikan)’, Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15.2 (2021), 113–26
Miswar, Miswar, ‘Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih’, Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14.1 (2021), 13–21
Muhamad Akip, Nurlila Kamsi, ‘Madrasah Sebagai Output Dikotomi Pendidikan Islam Di Indonesia’, Jurnal El-Ta’dib, Volume. 01.September (2021), 121–30
Mulia, Harpan Reski, ‘Pendidikan Karakter: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih’, Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15.1 (2019), 39–51
Nalva, Mulkul Farisa, ‘Pendidikan KArakter PErspektif Ibnu Miskawaih’, PAI RAden Fatah, 2507.February (2020), 1–9
Nazilatul Mifroh, ‘Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SD/MI’, Jurnal Pendidikan Tematik, 1.3 (2020), 253–63
Ngadhimah, Mambaul, and Kesmi Susirah, ‘Akhlak Jama ’ Ah Salawat Wahidiyyah’, Al-Izzah, Vol 12.1 (2017), 74
Nufus, Dewi Hayati, ‘Pendidikan Jiwa Perspektif Hamka Dalam Tasawuf Modern’, Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14.3 (2021), 221
Ondeng, Syarifuddin, Teori-Teori Pendekatan Metode Studi Islam (Makassar: Alauddin University Press, 2013)
Ramdoni, M, A Suryana, and ..., ‘Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Dan Sistem Pendidikan Islam Menurut Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari’, … Manageria: Journal of …, 1.1 (2021), 54–76
Sholeh, Sholeh, ‘Konsep Pendidikan Islam Yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim’, Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13.1 (2016), 52–70
Srisantyorini, Triana, Tata Hari Umara, Devi Syafira, Program Studi, Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, and others, ‘Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Islami Santri Pesantren Sabilunnajat Ciamis Islamic’, AS-Syifa, 1.1 (2020), 1–6
Subekti, M. Yusuf Agung, ‘Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa’, Ta’limuna Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2012), 141–61
Subhan, Fauti, ‘Memahami Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Islam, 7.April (2013), 142–60
Subianto, Jito, ‘Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas’, Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8.2 (2013), 331–54
Sulistiyo, Rozib, ‘Internalisasi Perspektif Bhineka Tunggal Ika Dalam Pendidikan Agama Islam Di Indonesia’, Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8.1 (2018), 63–78
Supriadi, Hamdi, ‘Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi’, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3.2 (2016), 92–119
Supriyadi, Agus, ‘Membangun Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini’, Edupedia, 5.1 (2020), 55–64
Suwarno, S, ‘Pendekatan Kebijakan Publik Dalam Politik Pendidikan Islam’, Jurnal As-Salam, 1.1 (2016), 62–72
Suwarno, Suwarno, Akrima Dini, Maulida Yani, Sahria Nurul Yana, and Susilawati Susilawati, ‘Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah’, TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5.2 (2022), 124–39
Syar‟, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005)
Syarifuddin, and Elhayat, ‘Filsafat Akhlak Persfektif Ibnu Miskawaih’, Jurnal Taushiah FAI UISU, 9.2 (2019), 49–58
Tafonao, Talizaro, ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak’, Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3.2 (2018), 125
Thaib, Muhammad Ichsan, ‘Urgensi Pembinaan Akhlak Anak Di Era Revolusi Industri 4.0’, Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 9.1 (2021), 75–101
Tulus Muthofa, and Aisyah Amalia Putri, ‘Konsep Pendidikan Insan Kamil Dalam Perspektif QS. An-Nahl Ayat 78’, Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 8.1 (2022), 46–57
Ula, Hamidatul, and Suwarno Suwarno, ‘Character Education Program Management to Improve Student’s Religious Attitudes in Madrasah Aliyah’, Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8.1 (2023), 90–107
Winarti, Dewi, and Daiyatul Khusnah, ‘Keistimewaan Pendidikan Islam Dan Tipologi Pendidik Ideal Dalam Al-Quran Dan Hadis’, Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4.1 (2021), 1–23
Zar, Sirajuddin, Filsafat Islam (Filosof Dan Filsafatnya) (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2012)
Published
2024-01-10
How to Cite
mukhlas, mukhlas, & Akip, M. (2024). NILAI AKHLAK DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 14-35. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i1.5376
Section
Articles