METODE IBROH DAN NASIHAT DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDURRAHMAN AN NAHLAWI

  • Bayu Stiaji Iain Ponorogo
  • Basuki Basuki IAIN Ponorogo
Keywords: Ibroh, Advice, Islamic Education

Abstract

This research will examine Ibroh's methods and advice in Islamic education, with a focus on the views of Abdurrahman An Nahlawi, an Islamic scholar and thinker who has made a major contribution to the development of Islamic education. The method used in this research is library research using books and other literature as the main data source. Data collection uses sociological philosophical approaches, namely analyzing a character's thoughts and relating them to the educational context by means of documentation to obtain data. Ibroh's method in Islamic education is to provide good examples in everyday life to inspire and guide students towards behavior that is in accordance with Islamic teachings. The most important goal of ibroh from the perspective of Islamic education is to seek wisdom from every historical event studied, both from history books and from teachers. On the other hand, the concept of advice shows the important role of teachers or educators in providing guidance, suggestions and direction to students so that they can understand and apply religious teachings correctly.

Keywords: Ibroh, Advice, Islamic Education

Abstrak 

Penelitian ini akan mengkaji metode Ibroh dan nasihat dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada pandangan Abdurrahman An Nahlawi, seorang cendekiawan dan pemikir Islam yang memiliki kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah kepustakaan (library research) dengan  menggunakan  buku-buku  dan  literatur-literatur  lainnya  sebagai  sumber  data yang utama. Pengumpulan data menggunakan pendekatan-pendekatan filosofis sosilogis yaitu  menganalisis pemikiran  seorang  tokoh  dan  mengkaitkan  dengan  konteks  pendidikan  dengan  cara  dokumentasi  untuk  memperoleh  data. Metode Ibroh dalam pendidikan Islam adalah memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari untuk mengilhami dan membimbing siswa menuju perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan terpenting ibroh dari sudut pandang pendidikan Islam yaitu mencari hikmah dari setiap kejadian sejarah yang dipelajari, baik dari buku sejarah maupun dari guru.  Di sisi lain, konsep nasihat menunjukkan peran penting dari guru atau pendidik dalam memberikan panduan, saran, dan arahan kepada siswa agar mereka dapat memahami dan menerapkan ajaran agama dengan benar.  

Kata Kunci: Ibroh, Nasihat, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-17
How to Cite
Stiaji, B., & Basuki, B. (2024). METODE IBROH DAN NASIHAT DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDURRAHMAN AN NAHLAWI. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 175-185. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i1.5330
Section
Articles