PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MTs 17 DARUL ULUM BALI SUKODADI

  • Rahmaniyah Rahmaniyah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Sulhatul Habibah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Siti Latifatus Sun'iyah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Media audio visual, Minat belajar

Abstract

ABSTRAK: Proses pembelajaran yang kurang kondusif menyebabkan rendahnya minat belajar siswa, khususnya mata pelajaran fikih kelas VII MTs 17 Darul Ulum Bali Plumpang, kecamatan Sukodadi, Lamongan. Sehingga mengakibatkan tingkat pemahaman siswa rendah dan nilai akhir kurang memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penggunaan media audio visual menjadi alternatif solusi dalam efektivitas proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fikih di MTs 17 Darul Ulum Bali. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada pangaruh penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa. hasil tes yang telah dianalisis menggunakan rumus paired sampel t-test yang sebelumnya di uji nomalitas terlebih dahulu menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dinyatakan baik. Berdasarkan dari hasil uji normalitas pretest adalah signifikasi 0,139 > 0,05 dengan rata-rata 62,8, sedangkan hasil uji normalitas posttest adalah signifikasi 0,089 > 0,05 dengan rata-rata 74,8. Kemudian, hasil uji t-test adalah -5.692 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti  (hipotesis alternatif) diterima dan  (hipotesis nol) ditolak.

Kata kunci : Media audio visual, Minat belajar

ABSTRACT: The learning process which was not conducive led to low interest in student learning, especially in fiqh class VII MTs 17 Darul Ulum Bali Plumpang, Sukodadi sub-district, Lamongan. So that resulted in a low level of student understanding and unsatisfactory final grades. To overcome these problems, the use of audio-visual media is an alternative solution in the effectiveness of the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of audio-visual media in increasing class VII students' learning interest in fiqh subjects at MTs 17 Darul Ulum Bali. The method used is quantitative. The results of the study showed that there was an influence on the use of audio-visual media in increasing students' interest in learning. The test results that have been analyzed using the paired sample t-test formula which was previously tested for normality first show that the use of audio-visual media is stated to be good. Based on the results of the pretest normality test is significance 0.139 > 0.05 with an average of 62.8, while the posttest normality test results are significance 0.089 > 0.05 with an average of 74.8. Then, the result of the t-test is -5,692 with a significance value of 0.000 <0.05. This means that H_a (alternative hypothesis) is accepted and H_o (null hypothesis) is rejected.

Keywords: Audio visual media, Interest in learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Fahri. “Pengertian Audio Visual: Jenis, Manfaat Dan Tujuan,” 2023. http://www.amesbostonhotel.com/pengertian-audio-visual/.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Djamaluddin, and Ahdar dan Wardana. Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: Cv. Kaaffah Learning Center, 2019.
Hidayat, Rahmat, and Abdillah. Ilmu Pendidikan. Medan: LPPI, 2019.
Hidayat, Tri, and Dkk. Statistik Dasar Panduan Bagi Dosen Dan Mahasiswa. Purworejo: Pena Persada, 2019.
Khaatimah, Husnul, and Restu Wibawa. “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR.” Jurnal Teknologi Pendidikan 2, no. 2 (2017).
Mazrur. Strategi Pembelajaran Fikih. Banjarmasin: Antarsari Press, 2018.
Muhaemin, and Bulu’k. Ilmu Pendidikan Islam. Sulawesi Selatan: Read Institute Press, 2014.
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M. Budiantara. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya, 2017.
Paramita, Daniar, Ratna Wijayanti, Rizal Noviansyah, Sulistyan, and Riza Bahtiar. Metode Penelitian Kualitatif. 3rd ed. Lumajang: Widya Gama Press, 2021.
Pratiwi, Noor Komari. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang.” Jurnal Bahasa Dan Sastra 1st (2015).
Qolbiyyah, Shofwatal, Adibah, and Tanjudan Sukmawinata. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Mojotrisno Mojoagung Jombang.” Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya 7, no. 1 Juni (2022): 119–43. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32492/sumbula.v7i1.4871.
Rahmat, Abdul. Pengantar Pendidikan. Bandung: MQS Publishing, 2010.
Ramli, Muhammad. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antarsari, 2012.
Syahrum, and Salim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media, 2012.
Zuhri, Saifuddin. Metodologi Penelitian. Lamongan: Unisda Press, 2001.
Published
2023-01-18
How to Cite
Rahmaniyah, R., Habibah, S., & Sun’iyah, S. L. (2023). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MTs 17 DARUL ULUM BALI SUKODADI. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 53-70. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v6i1.3944
Section
Articles