OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING DAN IMPLIKASINYA DI ERA NEW NORMAL

  • Khairil Anwar Universitas Muhammadiyah Malang
  • Khozin Khozin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Abdul Haris Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Optimalisasi Pembelajaran PAI, Blended Learning, Era new Normal

Abstract

Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan diselingi dengan pembelajaran daring secara terpadu, tujuan dari penelitian ini ingin mengatahui bagaimana MAN Kotawarngin Timur (Kotim) mengoptimalisasi pembelajaran PAI berbasis Blended learning di saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan bagaiman implikasinya di era new normal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan library research dan hasilnya menunjukan bahwa MAN Kotim dalam proses pembelajaran menggunakan blended learning dengan pendekatan sinkron dan asinkron. Adapun implikasinya guru dan murid mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran; lebih interaktif dan tidak gagap teknologi; dalam proses pembelajaran berjalan lebih menyenangkan karena tidak terpaku pada pelajaran di kelas; dan murid bisa mandiri dalam penyelesaikan tugas-tugasnya di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-18
How to Cite
Anwar, K., Khozin, K., & Haris, A. (2023). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING DAN IMPLIKASINYA DI ERA NEW NORMAL. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 71-85. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v6i1.3836
Section
Articles