INTEGRASI NILAI AKHLAK MULIA DALAM BUDAYA MINANGKABAU PADA MATA PELAJARAN PAI BP

Integrasi Nilai Akhlak Mulia Dalam Budaya Minangkabau Pada Mata Pelajaran PAI BP

  • Ermiyanto Ermiyanto UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR
  • Fadriati Fadriati UIN Mahmud Yunus, Batusangkar, Indonesia
Keywords: Kata Kunci: Integrasi nilai akhlak, pendidikan karakter, budaya Minangkabau, Pembelajaran PAI BP

Abstract

Pendidikan karakter di lembaga pendidikan merupakan landasan dalam pengembangan akhlak. Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) merupakan materi pembelajaran yang sangat relevan dengan pengembangan akhlak di sekolah. Pembelajaran akhlak tidak dapat dilepaskan dari budaya lingkungan sekolah. Budaya Minangkabau yang berkembang melalui budaya Islam memiliki nilai-nilai akhlak yang dibuktikan dengan beberapa istilah akhlak yang relevan dengan ungkapan Minangkabau. Integrasi pembelajaran PAI BP dengan budaya Minangkabau perlu dilakukan dalam rangka pengembangan dan penguatan akhlak peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka bersumber dari 16 jurnal nasional dan 3  jurnal internasional yang diterbitkan antara tahun 2018 hingga 2022. Jurnal diseleksi dari Google Schoolar dengan kata kunci “integrasi akhlak dalam pembelajaran”, “budaya Minangkabau dalam pembelajaran akhlak”, dan “teori humanistik dalam pembelajaran akhlak”. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran PAI BP dengan nilai akhlak dalam budaya Minangkabau dapat dilakukan dengan mempersiapkan perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan teori humanistik. Tahap perencanaan pembelajaran baik persiapan, pelaksanaan dan evaluasi harus mengandung unsur akhlak.

 

Kata Kunci: Integrasi nilai akhlak, pendidikan karakter, budaya Minangkabau, Pembelajaran PAI BP

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afridinata, H., Samad, D., & Kosim, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Program Pendidikan Bernuansa Surau dan Budaya Minangkabau. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6(1).
Ariska, N., & Rohmah, H. (2020). Implementasi Teori Belajar Humanistik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Pengaruhnya pada Perilaku Siswa di Kelas VIII MTS Al-As'ad Brambang Diwek Jombang. Journal of Education and Management Studies, 3(6).
Assya'bani R, & Bariyah, K. (2019). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak:Studi Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 13(2).
Bland, A.M. and DeRobertis, E.M. (2020). Humanistic perspective. Encyclopedia of personality and individual differences, 2061-2079.
Devi, A.D. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(1), 71-84.
Djumali. (2018). Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 111-116
Fauziyah, N.L. (2018). Pendidikan Akhlak Peserta Didik dan Pendidik Dalam Perspektif Hadis Nabi. Al Marhalah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Fernandes, R., Vidya Putra, E., & Muspita, R. (2019). Optimalisasi Institusi Pendidikan Sebagai Upaya Pengendalian Hoax. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 16–20.
Firdaus. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. AlDzikra. 11(1): 55-88
Franch, S. (2020). Global citizenship education: A new ‘moral pedagogy’for the 21st century?. European Educational Research Journal, 19(6), 506-524.
Fransyaigu, R. (2015). Penerapan Inkuiri Moral Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Minangkabau “Alam Takambang Jadi Guru” untuk Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(2).
Hidayat, S. (2021). Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1).
Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–34.
Ikhwan, A. (2020). Development of Educational Resources in Junior High Schools to Obtain Quality. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 1–16.
Ilmi, D. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Ungkapan Bijak Minangkabau. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 1(1).
Insani, F.D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209-230.
Janah, N., Zubaedi, Z., & Suradi, A. (2022). Integrasi Nilai Akhlak Dalam Pendidikan Budi Pekerti (Studi Tentang Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa di SMP N 5 Kota Bengkulu). Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3).
Javadi, Y. and Tahmasbi, M. (2020). Application of humanism teaching theory and humanistic approach to education in course. Theory and Practice in Language Studies, 10(1), 40-48.
Kemendikbud. (2018). Permendikbud . No 20 tahun 2018 tentang Satuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Khoirunnisa, K, & Muqowim, M. (2022). Integrasi Pendidikan Akhlak dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Salamah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3).
Kumalasari, I., Nasution, L., & Wijaya, C. (2019). Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar Jampalan Kecamatan Simpang Empat Kabupatenasahan Provinsi Sumatera Utara. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 4(1).
Marzali, A.(2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2).
Nuraini, L. (2018). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Parinduri, M.A. (2020). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Budaya Batak Toba: Studi pada Masyarakat Muslim di Tapanuli Utara. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 22(3).
Sari, W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Alam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2).
Sholeh, S. (2016). Pendidikan akhlak dalam lingkungan keluarga menurut Imam Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1).
Slichin, M. (2018). Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran. ISLAMUNA Jurnal Studi Islam, 5(1).
Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1).
Syukur, A. (2020). Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat. 3 (2): 143-164
Tolstova, O. and Levasheva, Y. (2019). Humanistic trend in education in a global context. In SHS Web of Conferences, 69, 00121
Warmansyah, J., Yuningsih, R., Sari, M., Urrahmah, N., Data, M.R. and Idris, T. (2022). Implementation of the Minangkabau Culture Curriculum at Kindergarten. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 228-234.
Yulanda, N., Muchtar, S., Malihah, E., & Sapriya, S. (2022). Kecerdasan Beragama Berbasis Pendidikan Surau Dalam Pembelajaran di Minangkabau. Research And Development Journal Of Education, 8(2).
Yusutria. (2021). Peran Syeikh dalam Pembentukan Karakter Generasi Ranah Minangkabau Sumatera Barat di Lembaga Pendidikan Surau. Journal Of Islamic Education, 6(1).
Published
2023-01-30
How to Cite
Ermiyanto, E., & Fadriati, F. (2023). INTEGRASI NILAI AKHLAK MULIA DALAM BUDAYA MINANGKABAU PADA MATA PELAJARAN PAI BP. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(1), 102-115. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v6i1.3660
Section
Articles