STRATEGI PENGAJARAN BAHASA
Abstract
Abstrak
Proses pembelajaran tidak akan pernah terlepas dari penerapan sebuah strategi atau metode pembelajaran. Setiap metode dan strategi pembelajaran memiliki tujuan tertentu, setiap pendekatan, strategi maupun metode pembelajaran akan memiliki satu ranah pembelajaran yang menonjol meskipun juga mengandung ranah pembelajaran lainnya. Permasalahan yang akan dijawab dalam kajian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yang akan menjawab tentang pendekatan, strategi dan metode pengajaran bahasa. Kajian ini diambil dari naskah-naskah kepustakaan yang relevan dengan topik penelitian yaitu berkaitan dengan topik yang dibahas. Sumber data yang digunakan adalah data-data hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberpa macam pendekatan, strategi dan metode yang dapat diterapkan oleh seorang guru dalam pengajaran bahasa.. Pendekatan yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa anatara lain, pendekatan komunikatif, pendekatan integraktif, pendekatan cara belajar siswa aktif, pendekatan belajar kooperatif, pendekatan tujuan, pendekatan sruktural, pendekatan kontekstual (ctl). Menurut Nurhayati, strategi dalam pengajaran bahasa antara lain, dalam keterampilan mendengarkan: demonstrasi cerita pribadi, wawancara, bertelepon, bagan cerita (story maps), survei kelompok, pidato singkat, keterampilan membaca: strategi pemetaan pikiran, lihat dan katakan, keterampilan menulis: mengisi gelembung-gelembung ujaran, membuat salinan nyanyian, membuat daftar, menyusun informasi, menulis catatan, menulis laporan buku, menulis pesan , pesan di kartu ultah, kerja proyek, menulis kreatif , write from the start, menulis laporan suatu peristiwa. Metode menurut KBBI 2001 adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Metode dalam pengajaran bahasa antara lain: metode audiolingual, metode komunikatif, metode alamiah, metode SAS.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.