KOMPETENSI BAHASA ANAK

  • Sunarti Unar Program Magister PGMI UIN Sultan Sayrif Kasim Riau
  • Nursalim Nursalim Program Magister PGMI UIN Sultan Sayrif Kasim Riau
Keywords: Kata Kunci: kompetensi, bahasa, anak

Abstract

Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari kompetensi berbahasa sesorang sangat diperlukan. Kompetensi berbahasa merupakan penguasaan seseorang terhadap konten yang terdapat didalam bahasa yang dipelajari. Tanpa kompetensi bahasa seseorang menjadi tidak teratur dalam berbahasa. Manusia hanya mampu memproduksi ujaran-ujaran dalam bentuk tuturan pada level mengeluarkan bunyi tanpa makna. Seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik akan terlihat pada saat dia memverbalkan bahasa tersebut, serta kecakapannya dalam menggunakan bahasa yang memadai dalam sistem bahasa itu sendiri. Karena kompetensi bahasa adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh sesorang, hal ini menjadi dasar yang dikuasai dalam kehidupan bermasyarakat. Permasalahan yang akan dijawab dalam kajian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yang akan menjawab tentang apa saja komponen-komponen kompetensi bahasa. Data-data yang dikumpulkan dari berbagai  referensi; baik primer, skunder maupun data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima kompetensi bahasa menurut Canale dan Swain yaitu linguistik, sosio-linguistik, tindak tutur (speech acts), tindak latar (speech sets), strategi.   Dalam kompetensi bahasa seseorang harus menguasai keterampilan bahasa,  yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

 

Kata Kunci: kompetensi, bahasa, anak

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-02
How to Cite
Unar, S., & Nursalim, N. (2018). KOMPETENSI BAHASA ANAK. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 8-19. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/841