PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR PADA SISWA KELAS IV MI. MIFTAHUL ULUM BANDUNGSARI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mendskripsikan aktifitas guru, (2) mendeskripsikan aktifitas siswa yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan hasil akhir pembelajaran, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan model pembelajaran TANDUR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yang dimaksud dengan metode kualitatif adalah metode yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, motivasi, tindakan dan lain-lain dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran memperoleh kreiteria sangat baik dengan persentase skor 94,55%. Aktifitas siswa dalam proses menulis pantun terbilang sangat baik dengan perolehan skor 90% dan hasil kerja siswa dikategorikan baik dengan persentase skor 84%. Adapun peningkatan kemampuan menulis siswa sebesar 9%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.