PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS XI MAN I KOTA SUNGAI PENUH

  • Suci Marselina Sekolah Tinggi Ilmi Ekonomi Alam Kerinci
Keywords: menulis, karya ilmiah, group investigation

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa kelas XI MAN I Kota Sungai Penuh dalam menulis, khususnya menulis karya ilmiah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah, disebabkan penggunaan strategi belajar yang kurang tepat. Strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan yang ditemukan siswa dan guru sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan siswa menulis karya ilmiah melalui strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian terdiri atas tiga siklus penelitian. Satu siklus penelitian dilakukan tiga kali pertemuan (3x45 menit). Tindakan tiap siklus didasarkan pada hasil refleksi siklus sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan  strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation menyebabkan proses pembelajaran menulis menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Hal ini, tampak pada hasil belajar siswa yakni saat pra siklus siswa yang mencapai KKM 1 orang dari 31 dan pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM 6 orang dari 31. Pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM ada 18 orang dari 31 orang. Siklus ketiga seluruh siswa mampu mencapai KKM. Faktor yang mempengaruhi peningkatan keterampilan siswa menulis karya ilmiah adalah penggunaaan strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-11
How to Cite
Marselina, S. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS XI MAN I KOTA SUNGAI PENUH. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14-21. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/816