PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS XI MAN I KOTA SUNGAI PENUH
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa kelas XI MAN I Kota Sungai Penuh dalam menulis, khususnya menulis karya ilmiah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah, disebabkan penggunaan strategi belajar yang kurang tepat. Strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan yang ditemukan siswa dan guru sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan siswa menulis karya ilmiah melalui strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian terdiri atas tiga siklus penelitian. Satu siklus penelitian dilakukan tiga kali pertemuan (3x45 menit). Tindakan tiap siklus didasarkan pada hasil refleksi siklus sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation menyebabkan proses pembelajaran menulis menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Hal ini, tampak pada hasil belajar siswa yakni saat pra siklus siswa yang mencapai KKM 1 orang dari 31 dan pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM 6 orang dari 31. Pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM ada 18 orang dari 31 orang. Siklus ketiga seluruh siswa mampu mencapai KKM. Faktor yang mempengaruhi peningkatan keterampilan siswa menulis karya ilmiah adalah penggunaaan strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.