PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN IDENTIFIKASI GAGASAN UTAMA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO GRESIK

  • Ernaningsih Ernaningsih Universitas Islam Darul `Ulum
  • Miftahul Huda Universitas Islam Darul `Ulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan siswa kelas V di SDN Sidomulyo Gresik dalam mengidentifikasi gagasan utama dalam teks bacaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan tidak mampunya siswa dalam menentukan gagasan utama. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sebelum diterapkannya model pembelajaran Jigsaw, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sesudah diterapkannya model pembelajaran Jigsaw, (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sidomulyo Gresik yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan menentukan gagasan utama sebelum menggunakan model pembelajaran Jigsaw tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 41. Kedua, kemampuan menentukan gagasan utama sesudah menggunakan model pembelajaran Jigsaw tergolong baik karena nilai rata-rata kelas sebesar 85. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menentukan gagasan utama karena nilai signifikansi hasil perhitungan SPSS = 0,000 kurang dari 0,05 dan t hitung = 14,786 lebih besar daripada t tabel = 2,042. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pendidikan dengan mengungkapkan potensi positif dari Model Pembelajaran Jigsaw dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan pendidik mempertimbangkan penerapan Model Jigsaw dalam upaya meningkatkan kemampuan identifikasi gagasan utama siswa. Namun, penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efektVitas Model Jigsaw dalam konteks pembelajaran yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-19
How to Cite
Ernaningsih, E., & Huda, M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN IDENTIFIKASI GAGASAN UTAMA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO GRESIK. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 57-66. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/pentas.v9i1.4811