PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN IDENTIFIKASI GAGASAN UTAMA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan siswa kelas V di SDN Sidomulyo Gresik dalam mengidentifikasi gagasan utama dalam teks bacaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan tidak mampunya siswa dalam menentukan gagasan utama. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sebelum diterapkannya model pembelajaran Jigsaw, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sesudah diterapkannya model pembelajaran Jigsaw, (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sidomulyo Gresik yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan menentukan gagasan utama sebelum menggunakan model pembelajaran Jigsaw tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 41. Kedua, kemampuan menentukan gagasan utama sesudah menggunakan model pembelajaran Jigsaw tergolong baik karena nilai rata-rata kelas sebesar 85. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menentukan gagasan utama karena nilai signifikansi hasil perhitungan SPSS = 0,000 kurang dari 0,05 dan t hitung = 14,786 lebih besar daripada t tabel = 2,042. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pendidikan dengan mengungkapkan potensi positif dari Model Pembelajaran Jigsaw dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan pendidik mempertimbangkan penerapan Model Jigsaw dalam upaya meningkatkan kemampuan identifikasi gagasan utama siswa. Namun, penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efektVitas Model Jigsaw dalam konteks pembelajaran yang berbeda.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.