UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENCERITAAN DIGITAL PADA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 KALITENGAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan kemampuan menulis teks deskripsi siswa dalam bahasa inggris setelah diterapkannya Pembelajaran dengan memanfaatkan TIK model penceritaan digital pada siswa Kelas VIII-B SMPN 1 Kalitengah Semeseter Genap Tahun Pelajaran 2018/2019,(b) Ingin mengetahui respon keaktifan belajar siswa setelah diterapkan Pembelajaran dengan memanfaatkan TIK model penceritaan digital pada siswa Kelas VII-A SMPN 1 Kalitengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kalitengah. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dan wawancara. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus III yaitu, siklus I 68,5 siklus II 75 siklus III 82,4 begitu juga pada ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I 67,7%, siklus II 77,41%, dan siklus III 93,54%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.