UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENCERITAAN DIGITAL PADA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 KALITENGAH

  • Basuki Basuki SMP Negeri 1 Kalitengah
Keywords: Pembelajaran Pemanfaatan TIK Model Penceritaan Digital

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan kemampuan menulis teks deskripsi siswa dalam bahasa inggris setelah diterapkannya Pembelajaran dengan memanfaatkan TIK model penceritaan digital pada siswa Kelas VIII-B SMPN 1 Kalitengah Semeseter Genap Tahun Pelajaran 2018/2019,(b) Ingin mengetahui respon keaktifan belajar siswa setelah diterapkan Pembelajaran dengan memanfaatkan TIK model penceritaan digital pada siswa Kelas VII-A SMPN 1 Kalitengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kalitengah. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dan wawancara. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus III yaitu, siklus I 68,5 siklus II 75 siklus III 82,4 begitu juga pada ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I 67,7%, siklus II 77,41%, dan siklus III 93,54%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-07
How to Cite
Basuki, B. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENCERITAAN DIGITAL PADA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 KALITENGAH. PENTAS : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 17-26. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2431