TEKNIK DISKUSI DALAM MENGEFEKTIFKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS VIII-C SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 SAMBENG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • sumaji sumaji SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan
Keywords: teknik diskusi, layanan bimbingan kelompok, mereduksi persepsi negatif

Abstract

dengan teknik dikusi dalam mereduksi persepsi negatif peserta didik terhadap bimbingan dan konseling kelas VIII-C semester ganjil di SMPN 1 Sambeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C semester ganjil  SMP Negeri 1 Sambeng tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan  angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik  Wilcoxon Singed Rank Test. Pengolalahan analisis data pada penelitian ini menggunakan program IBM SPSS 20. Prosedur penelitian tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan  teknik  diskusi  untuk  mereduksi persepsi negatif  peserta  didik  terhadap layanan bimbingan dan konseling meliputi assesmen, pemilihan subjek, pretest, treatmen, posttest dan analisis data. menyajikan nilai mean, standar deviasi, minimum dan maksimum dari masing-masing kelompok data pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh bahwa Mean atau rata-rata nilai posttest 43,0769 di mana lebih kecil dari pada nilai prettest yaitu 49,8846, kemudian standar deviasi posttest sebesar 7,38606 sedangkan standar deviasi pretest sebesar 7,21846. Nilai minimal posttest sebesar 27 lebih kecil dari nilai minimal pretest yaitu sebesar 38,0, sedangkan   nilai maksimal posttest sebesar 55 lebih rendah dari nilai maksimum pretest yaitu 70.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-25
How to Cite
sumaji, sumaji. (2021). TEKNIK DISKUSI DALAM MENGEFEKTIFKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS VIII-C SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 SAMBENG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 10-16. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.2421