IMPLEMENTASI PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA MIN II LAMONGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN TEMATIK

  • siti fatiya rosyidah UIN SUNAN KALIJAGA
  • Aninditya Sri Nugraheni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Dampak pandemi covid nineteen bagi seluruh tingkat kehidupan manusia dibumi terganggu, tanpa terkecuali sistem pendidikan. Demikian juga dengan problem psikologis peserta didik yang terbiasa belajar bertatap muka dengan gurunya. Maka dari itu untuk mengatasi problem psikologis tersebut, peneliti memiliki tujuan untuk memberikan media pembelajaran guna meningkatkan semangat belajar siswa pada masa pandemi covid nineteen, selain itu, peneliti juga menerapkan media ini, sebagai strategi evaluasi formatif, agar bisa mengengetahui sampai mana pemahaman setiap siswa dan sebagai bentuk evaluasi penyampaian pembelajaran oleh guru. Peneliti menggunakan media permainan teka-teki silang, karena peneliti merasakan bahwa kurangnya semangat belajar siswa pada masa pandemic Covid nineteen. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan cara pengamatan dengan terjun ke lapangan guna menunjang keaslian data. Penelitian ini menggunakan tiga tahap, yang pertama yaitu tahap pra penelitian, yang kedua yaitu tahap pelaksanaan, dan yang ketiga adalah tahap terakhir. Hasil dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkatan kelasnya, maka semakin tinggi juga tingkat pemahaman kosa katanya. Pada penelitian ini, peneliti menemukan bahwasanya para siswa lebih semangat dengan pengaplikasian teka-teki silang dari pada pemberian soal biasa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-23
How to Cite
rosyidah, siti, & Nugraheni, A. (2021). IMPLEMENTASI PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA MIN II LAMONGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN TEMATIK. PENTAS : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 66-73. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2144