MENINGKATKAN PRESTASI SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN MEDIA BENDA ASLI SISWA KELAS I SDN BANJAREJO KARANGBINANGUN TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

  • Suharti Suharti SDN Banjarejo Karangbinangun
Keywords: Prestasi belajar, Ekspresi Dua dan Tiga Dimensi, Metode Eksperimen, Media Benda Asli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah metode eksperimen dengan media benda asli pelajaran SBDP dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas I SD Negeri Banjarejo  Karangbinangun Lamongan tahun pelajaran 2018-2019 sejumlah 11 anak. Hasil belajar mengalami peningkatan. Hal itu ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa. Dalam siklus I rata-rata nilai 78, ketuntasan belajar 73%, penguasaan materi 78%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai 81, ketuntasan belajar 100%, penguasaan materi 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen media benda asli terhadap peningkatan prestasi belajar karya ekspresi dua, tiga dimensi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-18
How to Cite
Suharti, S. (2020). MENINGKATKAN PRESTASI SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN MEDIA BENDA ASLI SISWA KELAS I SDN BANJAREJO KARANGBINANGUN TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 74-87. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2131