MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PS3 (PENGINDERAAN, SUMBANG, SERAP, DAN SARAN)

  • Sarijan Sarijan SMP Negeri 1 Karangbinangun
Keywords: Penginderaan, Sumbang, Serap, dan Saran, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk membuktikan apakah teknik PS3 (Penginderaan, Sumbang, Serap, dan Saran) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus pada siswa kelas VIIA TP. 2018 - 2019 .

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMPN 1 Karangbinangun yang berjumlah 21 siswa. Masing-masing siklus berisi kegiatan refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan refleksi. Hasil belajar siswa hampir secara keseluruhan mendapat nilai sama dengan atau lebih besar dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 65. Hasil belajar ini sudah cukup memuaskan. Secara klasikal ketuntasan yang diperoleh 91,67%. Angka ini sudah memenuhi target ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa dari pratindakan dibandingkan dengan tahap I mengalami kenaikan sebesar 54,16%, pratindakan dibandingkan dengan tahap II mengalami kenaikan sebesar 62,50%, dalam pembelajaran bahasa Indonesia sudah sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Berdasarkan uraian pada bab IV dan bab V dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik PS3 melalui kegiatan pokok yakni penginderaan, sumbang, serap, dan saran yang masing-masing kegiatan tersebut diimplikasikan dalam tahapan menulis yakni pramenulis, menulis, dan pascamenulis ternyata dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIA tahun pelajaran 2018 - 2019 SMP Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-12
How to Cite
Sarijan, S. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PS3 (PENGINDERAAN, SUMBANG, SERAP, DAN SARAN). PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 35-47. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2124