MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PS3 (PENGINDERAAN, SUMBANG, SERAP, DAN SARAN)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah teknik PS3 (Penginderaan, Sumbang, Serap, dan Saran) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus pada siswa kelas VIIA TP. 2018 - 2019 .
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMPN 1 Karangbinangun yang berjumlah 21 siswa. Masing-masing siklus berisi kegiatan refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan refleksi. Hasil belajar siswa hampir secara keseluruhan mendapat nilai sama dengan atau lebih besar dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 65. Hasil belajar ini sudah cukup memuaskan. Secara klasikal ketuntasan yang diperoleh 91,67%. Angka ini sudah memenuhi target ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa dari pratindakan dibandingkan dengan tahap I mengalami kenaikan sebesar 54,16%, pratindakan dibandingkan dengan tahap II mengalami kenaikan sebesar 62,50%, dalam pembelajaran bahasa Indonesia sudah sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Berdasarkan uraian pada bab IV dan bab V dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik PS3 melalui kegiatan pokok yakni penginderaan, sumbang, serap, dan saran yang masing-masing kegiatan tersebut diimplikasikan dalam tahapan menulis yakni pramenulis, menulis, dan pascamenulis ternyata dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIA tahun pelajaran 2018 - 2019 SMP Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.