FORMULA 4D DENGAN TEORI JARINGAN AKTOR DAPAT MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI WARGA SEKOLAH

  • Mulib Mulib SMP Negeri 1 Mojokerto
Keywords: Formula 4D, Jaringan Aktor, Budaya Literasi

Abstract

Best practice berjudul “Formula 4D dengan Pemanfaatan Jaringan Aktor dapat Meningkatkan Budaya Literasi Warga Sekolah”. Best practice ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan upaya pemenuhan sarana prasarana gerakan literasi yang representatif dan mendeskripsikan upaya peningkatan budaya literasi. Formula 4D merupakan strategi yang digunakan dalam upaya peningkatan budaya literasi dengan memanfaatkan pendekatan jaringan aktor. Formula 4D mengandung fase dekatkan, fase disebarkan, fase dimaknai, dan fase diterapkan. Hasilnya, formula 4D mampu menyelesaikan permasalahan terkait budaya literasi di SMP Negeri 1 Mojokerto. Keberhasilan tersebut tampak pada terpenuhinya sarana prasarana pendukung gerakan literasi sekolah di lingkungan SMP Negeri 1 Mojokerto dengan indikator: (1) tersedianya ruang baca yang representatif dan (2) terpenuhinya kebutuhan jumlah judul dan koleksi buku atau bahan literasi. Selain itu, penerapan formula 4D juga mampu meningkatkan budaya literasi  di SMP Negeri 1 Mojokerto dengan indikator: (1) meningkatnya jumlah pengunjung dan peminjam di perpustakaan, (2) meningkatnya aktivitas menulis warga sekolah, dan (3) diraihnya juara lomba perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-26
How to Cite
Mulib, M. (2019). FORMULA 4D DENGAN TEORI JARINGAN AKTOR DAPAT MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI WARGA SEKOLAH. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 39-48. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1737