PEMBELAJARAN MENULIS ESAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA VIDEO DI KELAS XI SMA DARUL ‘ULUM SUGIO

  • UMMU ROSYIDATUL FADHILAH ZAIN universitas islam darul ulum lamongan
Keywords: Esai, Contextual Teaching and Learning, dan media video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas siswa pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video, (2) aktivitas guru pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video, (3) ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video, dan (4) respon siswa pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video di kelas XI SMA Darul ‘Ulum Sugio. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif melalui hasil uji coba penerapan pendekatan dan media pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Darul ‘Ulum Sugio. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi siswa, lembar observasi guru, tes menulis esai, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media video pada pembelajaran menulis esai sangat efektif diterapkan. Ditinjau dari aktivitas siswa berkategori baik dengan persentase sebesar 87% atau efektif untuk diterapkan, ditinjau dari aktivitas guru berkategori baik dengan persentase sebesar 93,75% atau efektif untuk diterapkan, ditinjau dari ketuntasan belajar siswa berkategori baik dengan persentase sebesar 75% atau efektif untuk diterapkan, ditinjau dari respon siswa berkategori sangat baik dengan persentase sebesar 91,96% atau efektif untuk diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-06
How to Cite
ZAIN, U. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS ESAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA VIDEO DI KELAS XI SMA DARUL ‘ULUM SUGIO. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 19-26. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1551