PEMBELAJARAN MENULIS ESAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA VIDEO DI KELAS XI SMA DARUL ‘ULUM SUGIO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas siswa pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video, (2) aktivitas guru pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video, (3) ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video, dan (4) respon siswa pada pembelajaran menulis esai dengan pendekatan kontekstual dan media video di kelas XI SMA Darul ‘Ulum Sugio. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif melalui hasil uji coba penerapan pendekatan dan media pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Darul ‘Ulum Sugio. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi siswa, lembar observasi guru, tes menulis esai, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media video pada pembelajaran menulis esai sangat efektif diterapkan. Ditinjau dari aktivitas siswa berkategori baik dengan persentase sebesar 87% atau efektif untuk diterapkan, ditinjau dari aktivitas guru berkategori baik dengan persentase sebesar 93,75% atau efektif untuk diterapkan, ditinjau dari ketuntasan belajar siswa berkategori baik dengan persentase sebesar 75% atau efektif untuk diterapkan, ditinjau dari respon siswa berkategori sangat baik dengan persentase sebesar 91,96% atau efektif untuk diterapkan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.