Analisis Tindak Tutur Program Talkshow “dr. Oz Indonesia” di TV Tema Mencegah Penuaan Dini

Analisis Tindak Tutur Program Talkshow “dr. Oz Indonesia” di TV Tema Mencegah Penuaan Dini

  • izzah lidina Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Nisaul Barokati Selirowangi Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Syamsul Ghufron Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Perlokusi, Program Talkshow dr. Oz Indonesia

Abstract

Peristiwa tutur tidak dapat lepas dalam kehidupan termasuk juga dalam program talkshow “dr. Oz Indonesia” di TV. Tindak tutur memiliki peran penting dalam program tersebut  guna menjelaskan cara merawat kesehatan tubuh agar tetap awet muda di usia lanjut. Tindak tutur digunakan untuk menyampaikan maksut  pembicaraan antara dokter sebagai sumber informasi dengan sampel, bintang tamu, dan penonton “dr. Oz Indonesia”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk tindak tutur lokusi, bentuk tindak tutur ilokusi, dan bentuk tindak tutur perlokusi dalam program talkshow  “dr. Oz Indonesia dengan tema “Mencegah Penuaan Dini”.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam acara “dr. Oz Indonesia” Trans TV tema Mencegah Penuaan Dini.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bentuk: 1) tindak tutur lokusi, 2)tindak tutur ilokusi, dan 3)tindak tutur perlokusi. Tindak tutur yang terdapat pada interaksi antara dokter (sumber informasi), sampel, bintang tamu, dan penonton “dr. Oz Indonesia”. 1) Tindak tutur lokusi dalam penelitian ini ditemukan bentuk pernyataan, bentuk pertanyaan, dan bentuk perintah. 2) Tindak tutur ilokusi dalam penelitian ini ditemukan bentuk: a) deklarasi dengan wujud kalimat sesuai kenyataan dan kalimat yang merubah keadaan; b) tindak tutur ilokusi asertif  dalam bentuk memberi saran, mengklaim, menyatakan, dan menyebuutkan; c) tindak tutur ilokusi ekspresif  dalam bentuk ucapan terimakasih dan  menyanjung; d) tindak tutur ilokusi komisif dalam bentuk menawarkan dan menyatakan kesanggupan; e) tindak tutur ilokusi komisif dalam bentuk memberikan aba-aba, meminta, dan menyerahkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-29
How to Cite
lidina, izzah, Selirowangi, N., & Ghufron, S. (2019). Analisis Tindak Tutur Program Talkshow “dr. Oz Indonesia” di TV Tema Mencegah Penuaan Dini. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 89-99. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1543