MENINGKATKAN SPEAKING SKILL SISWA MENGGUNAKAN MEDIA TWINCARDS DENGAN TEKNIK PERMAINAN KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 KALITENGAH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Basuki Basuki SMP Negeri 1 Kalitengah
Keywords: Ketrampilan Berbicara, Media Twincards

Abstract

Penelitian ini berisi mengenai inovasi pembelajaran berupa media Twincards yang dibuat penulis untuk membantu dan mempermudah peserta didik berbicara, khususnya berupa ungkapan-ungkapan interaksional.  Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: (1) Apakah penggunaan media twincards dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik? (2) Bagaimanakah dampak penggunaan media twincards dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan mediatwincards serta untuk mengetahui dampak penggunaan media twincards dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik.

Adapun temuan hasil penelitian adalah (1) Penggunaan media twincards dapat membuat peserta didik terlibat aktif bertanya jawab sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa khususnya pada kelas VIII-A SMP NEGERI 1 KALITENGAH semester ganjil dengan materi asking and giving opinions.  (2) Dampak penggunaan media twincards sangat baik karena dapat meningkatkan prestasi peserta didik, Hal ini dapat  dilihat dari peningkatan speaking siswa pada siklus I, rata-rata 8,2 dengan kenaikan 10,81% dengan prosentase ketuntasan 86%.  Kemudian menjadi meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata nilai speaking 87, terdapat kenaikan 17,57% dan prosentase ketuntasan 94%. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-01
How to Cite
Basuki, B. (2019). MENINGKATKAN SPEAKING SKILL SISWA MENGGUNAKAN MEDIA TWINCARDS DENGAN TEKNIK PERMAINAN KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 KALITENGAH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 24-35. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1520