PEMAHAMAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA GURU TPQ SE KECAMATAN SUKODADI (Kajian Perspektif Al-Qur’an, Surat Al-Luqman)

  • Ernaningsih Ernaningsih Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: prespektif, al-Qur’an, pendidikan, karakter, dan surat al-Luqman

Abstract

Penelitian ini   berdasarkan pada aspek (1) Bagaimana pemahaman   Guru TPQ tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman, (2) Bagaimana kontekstualiasasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman dengan perkembangan anak didik.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan  dan  menjelaskan tentang : (1) Pemahaman Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al- Luqman, yang di pahami oleh Guru TPQ kecamatan Sukodadi dan (2) kontekstualiasasi nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman dengan perkembangan anak didik. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan tafsir Hermeneutika. Data  dalam  penelitian  ini  berupa  data  tentang  (1)  Nilai-nilai  pendidikan  karakter  yang terkandung dalam surat al-Luqman, dan (2)   kontekstualiasasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman dengan perkembangan anak didik.   Sumber data diperoleh dari dokumentasi dan wawancara.  Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif. Validasi data menggunakan triangulasi, baik triangulasi teori, data, dan metode.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-15
How to Cite
Ernaningsih, E. (2018). PEMAHAMAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA GURU TPQ SE KECAMATAN SUKODADI (Kajian Perspektif Al-Qur’an, Surat Al-Luqman). PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 50-59. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1429